Peningkatan Curah Hujan Bakal Terjadi Hingga November 2022

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 01 September 2022
Peningkatan Curah Hujan Bakal Terjadi Hingga November 2022
Hujan lebat berangin berpeluang terjadi di sejumlah provinsi (ANTARA)

MerahPutih.com - Hingga pertengahan Agustus 2022, pemantauan terhadap anomali iklim global yaitu terhadap Samudra Pasifik ekuator menunjukkan La Nina masih berlangsung dengan intensitas lemah, dengan nilai anomali suhu di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur sebesar -1,04.

Sementara itu, kondisi anomali suhu muka laut di Samudra Hindia menunjukkan fenomena Indian Ocean Dipole (IOD) dalam kondisi negatif dengan indeks dipole mode sebesar -1,0.

Baca Juga:

BMKG Ungkap 5 Faktor Penyebab Kualitas Udara di Jakarta Buruk

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, La Nina yang melemah memicu peningkatan curah hujan hingga November 2022.

"Kombinasi antara La Nina lemah dengan dipole mode sebesar -1,0 dan fenomena minus IOD itu akan tetap bertahan hingga November 2022. Kombinasi antara La Nina lemah dengan Indian Ocean dipole yang negatif mengakibatkan kontribusi pada meningkatnya curah hujan di Indonesia," ujarnya.

Dwikorita menyebut hingga November 2022 akan terjadi peningkatan curah hujan. Peningkatan ini antara lain disebabkan oleh La Nina lemah dan juga oleh suhu muka air laut di Indonesia yang menghangat sampai November.

Hasil pemantauan perkembangan musim kemarau 2022 hingga akhir Agustus 2022 menunjukkan bahwa sebagian besar zona musim di wilayah Indonesia atau 265 zona musim (ZOM) atau 37,9 persen ZOM telah memasuki musim kemarau. Namun belum semua wilayah Indonesia memasuki musim kemarau.

Merujuk pada normalnya pada akhir bulan Agustus, seharusnya sudah 336 ZOM atau 50,22 persen telah memasuki musim kemarau. Artinya ada keterlambatan musim kemarau, di mana hanya 37,9 persen ZOM sesuai yang diprediksi. (Asp)

Baca Juga:

BMKG Jelaskan Fenomena Panas Ekstrem dalam Sepekan Terakhir

#BMKG #La Nina #Cuaca Buruk
Bagikan
Bagikan