Pengusiran PKL Tanah Abang, DKI Siagakan 400 Satpol PP Pasar Tanah Abang. (MP/Dery Ridwansah)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mulai melakukan antisipasi adanya Pedagang Kaki alima (PKL) dadakan di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, saat bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengklaim bahwa hari ini pihaknya mulai mensterilakan kawasan pasar terbesar se-Asia Tenggara itu dari serbuan PKL yang kerap melanggar aturan dengan berjualan di bahu jalan dan di atas trotoar.

walkot Jakpus, Bayu Meghantara
Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara

"Mulai hari ini kita sudah berupaya mensterilisasi tempat-tempat yang rawan. Mereka sudah kita tempatkan di atas JPM. Tentu nanti akan kami Ingatkan kalau ada (yang jualan diatas trotoar)," ujar Bayu usia mengahadiri groundbreaking Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Tanah Abang Blok G, Rabu (24/4).

Antisipasi menjamurnya PKL di Tanah Abang, kata dia, Pemerintah Kota Jakarta Pusat menerjunkan sekitar 400 petuga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menjaga kawasan ini.

Ia pun mengungkapkan Pemprov DKI akan mengingatkan dengan cara yang humanis bila ada PKL yang berjualan melanggar aturan.

"Kita tambah anggota 250. Sebelumnya ada 157," jelasnya.

Disamping itu, kata dia, Pemprov DKI Selain juga akan menyiapkan dua mobil ambulan yang ditempatkan disekitar kolong Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM).

Kemacetan, hiruk-pikuk porter dengan troli serta pedagang kaki lima (PKL) yang memenuhi sudut jalan lingkar Pasar Tanah Abang masih menjadi permasalah klasik yang belum terselesaikan.
Pasar Tanah Abang. (MP/Dery Ridwansah)

Ambulans itu dikerahkan guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, mengingat jumlah pengunjung kawasan Pasar Tanah Abang akan membeludak tinggi pada bulan Ramadan.

"Tidak hanya itu kita juga sudah mengantisipasi seperti penempatan mobil ambulans dua mobil. Dibawah blok G dan di dekat JPM. Karena kita tahu nanti pas jelang ramadhan pasti banyak masyarakat berbondong belanja di sini. Makanya kita sediakan dua ambulans itu," pungkasnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH