Pengusaha Pelaku Penistaan Agama Ditahan Kejari Karawang Ilustrasi ditangkap (Foto: Warinternasional)

MerahPutih.Com - Kasus penistaan agama kembali terjadi. Seorang pengusaha di Karawang, Jawa Barat ditahan Kejaksaan Negeri Karawang lantaran terlibat kasus dugaan penistaan agama.

Kejari Karawang telah menetapkan Aking Saputra sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama melalui media sosial yakni facebook.

Sebelum dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Warung Bambu Karawang, Jawa Barat, Selasa (19/9), pelaku penistaan agama itu harus menjalani pemeriksaan dan verifikasi dari penyidik Kejari setempat selama sekitar lima jam.

"Tadi kami melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Kami menanyakan identitas tersangka dan menanyakan kepada tersangka apakah yang diperbuatnya tersebut dilakukan secara sehat dan sadar atau tidak," kata Kepala Kejari setempat Sukardi, di Karawang.

Proses kasus Aking, yang menjadi polemik dalam kurun waktu 3 bulan terakhir di Karawang tersebut, akan ditangani oleh tim khusus dari pihak kejaksaan yang terdiri 4 orang jaksa senior.

Aking dijebloskan ke penjara untuk memudahkan proses pemeriksaan. Penahanan itu juga dilakukan karena pihak Kejari setempat khawatir pelaku menghilangkan barang bukti.

Sukardi menyatakan, dalam kasus itu Aking akan dikenakan pasal berlapis, yakni pasal 45a ayat 2 jo pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang Transaksi Elektronik jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

Sementara itu, Aking Saputra harus berhadapan dengan penegak hukum, karena sebelumnya ada laporan masyarakat mengenai hal tersebut. Aking dinilai menghina umat Islam dalam status media sosialnya.

Dalam status di akun Facebook-nya, Aking menulis "Apakah anak zaman sekarang tahu, bahwa banyak tokoh PKI adalah pemuka agama (tentunya mayoritas dari Islam)”.(*)

Sumber : https://antaranews.com


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH