Ciptakan Pengusaha Tangguh, Hipmi Jaya Gelar Diklat

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 11 April 2018
Ciptakan Pengusaha Tangguh, Hipmi Jaya Gelar Diklat
Diklatda HIPMI Jakarta Raya 2018 (istimewa)

Merahputih.com – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Raya akan mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Kader Organisasi Tingkat Daerah (Diklatda) bagi anggota dan pengurus dari tingkat BPC, BPD, BPP HIPMI.

“Hasil dari Diklat ini diharapkan dapat menciptakan pengusaha yang tangguh, profesional dan negarawan,” ujar Ketua Panitia Pengarah Diklatda, Lexyndo Hakim dalam keterangan tertulisnya, rabu (11/4).

Acara Diklatda ini akan digelar di Ballroom 1 Ritz Carlton, Pasific Place pada kamis (12/4). Diklatda digelar karena saat ini bangsa Indonesia mengalami surplus pemimpin-pemimpin muda di semua bidang. Sejak keran demokrasi dibuka lebar-lebar sebagai dampak dari perjuangan reformasi 1998, pemimpin-pemimpin muda bermunculan di semua bidang kehidupan.

Hal yang sama terjadi dalam struktur pemerintahan, baik di legislatif, eksekutif, dan yudikatif, maupun di sosial serta keagamaan. Tidak sulit bagi bangsa Indonesia untuk menemukan pemimpin-pemimpin muda.

“Namun di Indonesia masih defisit akan jiwa kenegarawanan,” Katanya.

Bahkan ketika memegang kekuasaan di level tertentu, masih banyak pemimpin muda terjebak dalam pemenuhan kepentingan diri sendiri, kelompok sendiri, golongan sendiri, atau bahkan keluarga sendiri. Oleh karena itu pengusaha perlu dibekali jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan sejak dini.

Bila tidak, para pengusaha akan mudah terbawa arus globalisasi dan semangat pragmatisme yang bisa merugikan bangsa dan negara. “Pengusaha muda wajib menjadi pelopor pendobrak perubahan. Aktor di balik gerakan moral yang meneguhkan jati diri bangsa Indonesia di tengah ekspansi budaya asing dalam kemasan globalisasi,” ucap Lexyndo.

Ketua Umum HIPMI Jaya, Afifuddin Suhaeli Kalla atau biasa disapa Afie menyampaikan Diklatda kali ini mengambil Tema “Partisipasi Pengusaha Muda Jakarta Menuju Indonesia 4.0”. "Tema tersebut kami angkat karena sebagaimana kita ketahui bersama, perubahan dunia saat ini sudah sangat-sangat cepat. Tanpa kita sadari kita sudah memasuki Revolusi Industri keempat atau sering disebut Revolusi Industri 4.0,” Ucap Afie.

Hal ini ditandai dengan hadirnya robot-robot pintar yang dapat meringankan pekerjaan manusia, kendaraan tanpa pengemudi, berbagai aplikasi berbasis artificial intellegence dan lain sebagainya.

Revolusi Industri ini mempunyai sisi baik dimana manusia bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk kemajuan dan kehidupan yang lebih baik lagi. Revolusi Industri keempat merupakan era digital dimana ketika semua mesin terhubung dengan internet atau cyber system.

“Dengan adanya Revolusi Industri Keempat ini, kita semua sebagai Pengusaha Muda Indonesia tentunya dituntut untuk lebih fleksibel dan antusias serta tidak apatis terhadap Revolusi Industri Keempat ini,” jelas Afie.

“Maka dari itu HIPMI Jaya sebagai Organisasi Pengusaha Muda yang bersinggungan langsung dengan Revolusi Industri 4.0 berkewajiban memberikan Pendidikan dan Pelatihan para Kader Organisasi Tingkat Daerah agar para Kader-Kader HIPMI Jaya mempunyai strategi-strategi yang mumpuni untuk menghadapi Revolusi Industri yang Keempat”, tutur afie.

Ketua Panitia Pelaksana Diklatda, Irvan Nugroho Wicaksono menerangkan acara ini dikemas dengan format konferensi, talkshow dan keynote speech dari tokoh-tokoh pemerintahan, pelaku dunia usaha dan pemimpin pemimpin inspiratif yang dapat memberikan strategi-strategi yang mumpuni untuk menghadapi Revolusi Industri yang Keempat.

Acara akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan dilanjutkan Keynote Speech oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Sesi I mengenai Keorganisasian HIPMI yang menghadirkan pembicara Ketua Bidang OKK BPP HIPMI Anggawira, Ketua Umum HIPMI Jaya 2008-2011 yang juga Anggota DPR Adisatrya S. Sulisto, Ketua Umum HIPMI Jaya 2011-2014 Andhika Anindyaguna dan Ketua Bidang OKK HIPMI Jaya 2014-2017 M. Randi Wibawa.

Sementara sesi II mengenai Kepemimpinan akan diisi oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo Ketua Umum KADIN Indonesia Rosan P. Roeslani, Ketua INASGOC/Mahaka Group Erick Thohir, CEO Bosowo Corporation Erwin Aksa. Sesi II mengenai Kebangsaan menghadirkan pembicara seperti Wakapolri Komjen Syafruddin dan Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono.

Sesi IV tentang Perekonomian dengan pembicara Dewan Penasehat Presiden RI Dony Oskaria, Dirut Northstar Equity Partners Patrick Walujo dan Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasruddin.

“Setelah acara Diklatda ini, malamnya akan diadakan HUT Ke-44 HIPMI Jaya di tempat yang sama. Pada acara HUT tersebut, HIPMI Jaya mengundang Pendiri HIPMI, Senior HIPMI, termasuk ketua umum-ketua umum HIPMI Jaya sebelumnya, Pengurus BPP HIPMI, Pengurus BPD HIPMI Seluruh Indonesia, Anggota HIPMI Jaya dan tamu undangan lainnya” tutup Irvan. (ayp)

#HIPMI Jaya #Lexyndo Hakim #Pengusaha Muda
Bagikan
Bagikan