Pengurus Besar PEXI 2018-2022 Resmi Dilantik (Kiri-Kanan) Kelvin Siauw, Anton Gozelie, Teddy Sugianto dan Lexyndo Hakim usai penandatanganan serah terima jabatan (Humas PEXI)

Merahputih.com - Pengurus Besar Persatuan Xiangqi Indonesia (PEXI) masa bakti 2018-2022 resmi dilantik. Pelantikan dilakukan di Aula Sekretariat Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa), Mega Glodok Kemayoran Office Tower B, Kemayoran, Jakarta, Minggu (27/1).

Prosesi pelantikan dihadiri oleh Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Hj Suryati yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi, Ketua Umum Koni Pusat yang diwakili oleh Andri, Ketua Kehormatan PEXI Jimly Asshidique, anggota DPD RI Tellie Gozellie, Atase Kebudayaan Kedubes Tiongkok untuk Indonesia Zhou Bin dan tokoh masyarakat Tionghoa Tong Ju, HM Anda Hakim serta para pengurus PEXI dari berbagai provinsi.

Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pidato sambutan oleh ketua panitia pelantikan Yusuf Wijaya, Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora Hj Suryati, perwakilan KONI Pusat Andri, kata sambutan Ketua Umum PEXI masa bakti 2018-2022 Teddy Sugianto dan pembacaan keputusan Munas PEXI 2018 oleh Lexyndo Hakim.

Teddy Sugianto berfoto bersama Jimly Asshidique, Hj Suryati, Andri, HM Anda Hakim, Budi S Tanuwibowo dan tokoh lainnya (Humas PEXI)

Kemudian Teddy Sugianto bersama Ketua Umum PEXI periode sebelumnya Anton Gozellie melakukan penandatanganan serah terima jabatan.

Teddy Sugianto dalam kata sambutannya menyampaikan salah satu program kerjanya yaitu memperjuangkan PEXI sebagai anggota KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan Xiangqi bisa menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di PON, Sea Games 2019 di Filipina dan Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok.

Pada kesempatan tersebut Teddy juga menyampaikan harapannya agar mendapat dukungan pemerintah pusat maupun daerah. Karena menurutnya, olahraga Xiangqi sudah bukan hanya milik orang-orang Tionghoa saja.

"Seperti contohnya di beberapa daerah, kita ambil contoh Jawa Barat, olahraga Xiangqi sudah menjadi salah satu kegiatan ekstra kulikuler di pesantren," ujarnya.

Teddy Sugianto dan Tong Ju berfoto bersama para dewan kehormatan (Humas PEXI)

Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora Hj Suryati yang menyampaikan kata sambutan Menpora mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi atas dilantiknya pengurus besar PEXI.

Menurutnya Xiangqi merupakan olahraga kecerdasan otak yang memiliki potensi luar biasa, khususnya bagi generasi muda. Karena itu, Hj Suryati mengajak semua pihak bersama-sama bergandengan tangan untuk memajukan dan memasyarakatkan olahrga Xiangqi.

"Kemenpora siap mendukung untuk mengembangkan dan mensosialisasikan Xiangqi di seluruh Indonesia," ucapnya. Sementara itu Andri mewakili Ketua Umum KONI Pusat berharap nantinya PEXI bisa diterima menjadi anggota KONI. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH