Pengungsi Pencari Suaka Butuh Bantuan Sajadah

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Senin, 15 Juli 2019
Pengungsi Pencari Suaka Butuh Bantuan Sajadah
Pengungsi Pencari Suaka Butuh Bantuan Sajadah. (Antaranews)

MerahPutih.com - Para pengungsi suaka yang berada di penampungan sementara gedung bekas Komando Militer Kalideres, Jakarta Barat, saat ini sedang membutuhkan bantuan sajadah untuk beribadah.

Hal tersebut disampaikan oleh beberapa pengungsi, seperti Ahmad dari Afghanistan yang mengatakan bahwa sajadah yang ada di mushala tempat pengungsian sangat sedikit sehingga untuk beribadah mereka harus bergantian cukup lama.

Baca Juga: Warga Daan Mogot Khawatir Para Pencari Suaka Ganggu Aktivitas Anak Sekolah

“Sajadahnya sedikit, sedangkan kita jumlahnya banyak. Kalau shalat harus bergantian lama,” katanya saat ditemui di lokasi pengungsian, Senin (15/7).

Para pencari suaka yang ditampung di Gedung Eks Kodim Kalideres, Jakarta Barat (MP/Kanu)
Para pencari suaka yang ditampung di Gedung Eks Kodim Kalideres, Jakarta Barat (MP/Kanu)

Selain Ahmad, ada juga Muhammad Ali dari Pakistan. Ia mengaku sebenarnya sajadah sudah cukup banyak namun lama-lama jumlahnya semakin berkurang. “Kemarin banyak tapi memang tidak cukup, sekarang semakin sedikit,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Lurah Kalideres Muhammad Fahmy, ia mengatakan bahwa para pengungsi banyak yang memilih untuk shalat di tenda masing-masing jadi mereka membawa sajadah tersebut.

“Iya sajadahnya menurut informasi dibawa ke tenda untuk melakukan shalat jamaah dengan teman-teman yang satu tenda,” kata Fahmy.

Baca Juga: Warga Daan Mogot Kesal Permukiman Mereka Jadi Tempat Penampungan Para Pencari Suaka

Meskipun begitu, Fahmy akan berusaha memenuhi keperluan para pengungsi tersebut. Hal itu sesuai dengan instruksi dari Wakil Walikota Jakarta Barat Muhammad Zen saat berkunjung ke tempat pengungsian.

Zen menginstruksikan kepada Lurah Kalideres dan pihak-pihak terkait untuk segera menyediakan sajadah salam jumlah yang memadai.

“Mushola tadi saya lihat memang sajadah sedikit ya, nanti kita akan usahakan segera agar ada sajadah lebih banyak,” ujar Zen. (*)

Baca Juga: Pencari Suaka Minta Maaf Lantaran Menyusahkan Warga Indonesia

#Pengungsi #Aturan Suaka
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan