Pengungsi Gunung Agung Siap Ditampung Banyuwangi

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 23 September 2017
Pengungsi Gunung Agung Siap Ditampung Banyuwangi
Pengungsi Gunung Agung berada di atas kendaraan menuju tempat penampungan (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih.Com - Ribuan pengungsi Gunung Agung kini mulai butuh perhatian semua pihak. Seiring meningkatnya status Gunung Agung yang menjadi awas, pemkab Banyuwangi menyatakan siap menampung pengungsi dan warga Bali yang terdampak status Gunung Agung.

Wakil Bupati Yusuf Widiatmoko menyatakan pihaknya siap menerima pengungsi dan warga Bali.

"Kami harus siap, dan Banyuwangi siap menampung jika hal itu terjadi. Secara teknik ada di BPBD Banyuwangi," Kata Yusuf usai membuka Festival Layang-Layang di Banyuwangi, Sabtu (23/9).

Yusuf Widiatmoko sebagaimana dilansir Antara tidak menjelaskan secara perinci kesiapan itu. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi untuk membantu warga yang terdampak aktivitas gunung tersebut.

Sebelumnya, Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) Wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara melalui Pertamina Peduli juga telah menyalurkan bantuan kepada para pengungsi di sejumlah tempat pengungsian.

General Manager Pertamina MOR V Herman M. Zaini mengatakan bahwa bantuan itu, antara lain, selimut, obat-obatan, paket sembako, perlengkapan dapur umum (kompor dan tabung gas), serta pembangunan sarana MCK di pengungsian Manggis, senilai Rp 165 juta.

Ia mengatakan bahwa bantuan itu merupakan komitmen Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan corporate social responsibility (CSR) dan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan melalui program Pertamina Peduli terhadap para pengungsi yang berada di tempat pengungsian yang membutuhkan bantuan ini.

"Kami harap bantuan ini dapat sedikit membantu meringankan beban para pengungsi dan berharap semoga keadaan cepat normal seperti sediakala," katanya.

Sebelumnya, status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, dinaikkan dari siaga (level 3) menjadi awas (level 4) oleh PVMBG Badan Geologi.

"Level Awas adalah level tertinggi dalam status gunung api. Status Awas berlaku terhitung mulai Jumat pukul 20.30 Wita," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.

Lewat keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dia mengatakan bahwa penaikkan status itu seiring peningkatan aktivitas vulkanik dari kegempaan yang terus meningkat.(*)

#Gunung Agung #Banyuwangi #Sutopo Purwo Nugroho #Pengungsi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan