Penguasaan Literasi Teknologi Modal UMKM Masuki Dunia Digital dan Internasional Terdapat sejumlah tantangan bagi UMKM yang ingin go digital dan international. (Foto: Unsplash/Rodion Kutsaiev)

DUNIA digital berkembang pesat dalam satu dekade terakhir. Perkembangan ini merambah ke segala lini hidup manusia. Dunia digital juga membawa kemudahan untuk menopang berbagai aktivitas manusia. Dari pendidikan, kesehatan, sampai perdagangan. Dunia digital menghamparkan peluang terbuka bagi semua pelaku usaha, dari yang kecil sampai yang besar.

Ketua Umum Relawan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Fajar Eri Dianto, menilai penguasaan literasi digital kunci bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk go digital dan internasional.

Fajar, dalam rilis persnya, Rabu (19/10), mengatakan bahwa terdapat sejumlah tantangan bagi UMKM yang ingin go digital dan international. Antara lain penguasaan teknologi digital, menentukan platform digital yang sesuai, dan pemilihan strategi pemasaran.Namun, sebelum itu, UMKM yang ingin go digital maupun go internasional harus terlebih dahulu meningkatkan skala usaha mereka dengan cara mengamati kompetitor, fokus pada tujuan, memperkuat tim, tidak kompromi terhadap kualitas, dan membangun citra positif.

Baca juga:

Konekto untuk Dukung UMKM Go Digital

umkm go digital

Perkembangan internet dan media sosial telah mengubah gaya hidup masyarakat. (Foto: Unsplash/Damian Zaleski)

“Barulah setelah itu UMKM dikatakan siap go digital atau internasional. Kuncinya adalah penguasaan literasi digital, produk dengan kualitas yang mampu bersaing, brand image produk kuat, kecepatan respons terhadap pemenuhan, kreatif dan inovatif, serta berkolaborasi dengan mitra,” kata Fajar seperti dikutip Antara.Fajar menyampaikannya dalam webinar bertema “Tingkatkan Ekonomi Kreatif & Pemberdayaan UMKM di Era Digital”, di Makassar, Sulawesi Selatan, yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.Sementara itu, senior trainer dan psikolog, Hellen Citra Dewi, mengatakan perkembangan internet dan media sosial telah mengubah gaya hidup masyarakat.Semua aktivitas kini beralih menggunakan transaksi digital. Dalam dunia bisnis pun orang sudah beranjak ke digitalisasi keuangan dan promosi daring.Dia menyebut bahwa salah satu upaya yang bisa dilakukan UMKM dalam memanfaatkan era digital agar tidak tertinggal dari kompetitor adalah memanfaatkan iklan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Baca juga:

Ketika Pedagang-Pedagang UMKM Berusia Lanjut di Laweyan Go Digital

umkm go digital
Jika sumber daya memungkinkan, UMKM bisa menggunakan key opinion leader (KOL) atau pemengaruh serta menjual produk mereka lewat lokapasar. (Foto: Unsplash/Glenn Carstens Peters)

Jika sumber daya memungkinkan, UMKM bisa menggunakan key opinion leader (KOL) atau pemengaruh serta menjual produk mereka lewat lokapasar (marketplace).“Media sosial dan lokapasar cukup efektif dalam memasarkan semua produk dan memudahkan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen,” kata Hellen, seperti dilansir Antara.Kehadiran program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kemenkominfo diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Tak hanya bertujuan untuk menciptakan komunitas cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0. (dru)

Baca juga:

Go Digital, Cara UMKM Sukses di Masa Pandemi COVID-19

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Inspirasi Gaya Cardigan di Berbagai Kesempatan
Fashion
Inspirasi Gaya Cardigan di Berbagai Kesempatan

Outer satu ini bisa diandalkan untuk tampil gaya di berbagai kesempatan.

Hilangkan Kebiasaan Mengeluh dengan 4 Cara ini!
Fun
Hilangkan Kebiasaan Mengeluh dengan 4 Cara ini!

Ini karena bersumber dari diri sendiri.

Tayang 16 Desember, 'Avatar: The Way of Water' akan Berdurasi Lebih dari 3 Jam
ShowBiz
Cara Berdamai Mahasiswa Angkatan Pandemi Ketika Jenuh Kuliah Online
Hiburan & Gaya Hidup
Memilih Gitar yang Tepat Bagi Pemula, Pentingkan Kualitas Suara
Fun
Memilih Gitar yang Tepat Bagi Pemula, Pentingkan Kualitas Suara

Sebelum memutuskan untuk membeli gitar, sebaiknya kenali dulu sejumlah tips yang tepat

Perawatan Tepat Bantu Anggrek Berkembang
Hiburan & Gaya Hidup
Perawatan Tepat Bantu Anggrek Berkembang

Anggrek indah, menawan, dan terasa istimewa.

Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Jadi Benda Seni Abad ke-20 Termahal
Fun
Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Jadi Benda Seni Abad ke-20 Termahal

Shot Sage Blue Marilyn sebagai salah satu gambar paling langka dan paling transenden yang pernah ada.

 Album Solo Xiumin EXO Rilis Akhir September
ShowBiz
Album Solo Xiumin EXO Rilis Akhir September

Menjadi anggota ketujuh EXO yang tampil sebagai solois.

4 Zodiak yang Mudah Menyerah dalam Hal Percintaan
Fun
4 Zodiak yang Mudah Menyerah dalam Hal Percintaan

ada juga yang selalu gagal dalam hal percintaan.

Lalahuta Ungkap Arti Kesendirian di Single Terbaru
ShowBiz
Lalahuta Ungkap Arti Kesendirian di Single Terbaru

Sendiri jadi rilisan keenam Lalahuta di 2022.