Pengoperasian Runway 3 Bandara Soetta Jadi Kado Spesial HUT RI Menhub Budi K. Sumadi mengamati skema Runway 3 Bandara Soetta saat meninjau runway tersebut, di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Minggu (21/7). (Humas Kemenhub)

Merahputih.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan secara teknis, Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta sudah siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019. Pengoperasian Runway 3 itu tentu setelah Standard Operating Procedure (SOP) disempurnakan serta Sosialisasi kepada para maskapai penerbangan dilakukan.

“Kita akan usulkan paling lambat pertengahan Agustus 2019 secara teknis bisa beroperasi,” ujar Budi Karya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (21/7).

Baca Juga: Warga Eks Rawa Renges Tuntut Ganti Rugi Lahan Runway 3 Bandara Soetta

Saat ini, Runway 3 Bandara Soetta sebenarnya sudah bisa dioperasikan. Namun menurut Budi Karya, sebelum benar-benar digunakan, Runway 3 lebih baik disempurnakan SOP-nya terlebih dahulu, dan juga harus disosialisasikan dengan maskapai, karena tidak semua jenis pesawat bisa menggunakan runway itu.

"Kita harapkan bisa beroperasi, memperingati 17 Agustus nanti. Sekarang juga bisa, jadi apa yang diharapkan Presiden sudah siap," ungkap dia.

Suasana di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Foto: ANTARA/Lucky R

"Tapi SOP (Prosedur Operasional Standar) dan sebagainya kan kita harus sosialisasi dengan airline, karena jenis pesawat yang bisa di sini kan belum semuanya," kata Budi dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Baca Juga: Ombudsman akan Periksa Penyidik Polresta Bandara Soetta Terkait Kasus Rius Vernandes

Landasan pacu ketiga tersebut diklaim bisa didarati pesawat berbadan besar, seperti Boeing 777, dengan spesifikasi ketebalan landasan pacu lebih baik yakni PCN 86. Dengan demikian, seluruh landasan pacu bisa didarati pesawat berbadan besar sekaligus menambah kapasitasnya. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH