Penglima TNI: 15 Prajurit Meninggal Dunia karena Terpapar Corona Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menyematkan tanda jabatan kepada Kepala Badan Pembinaan Hukum TNI yang baru, Laksda TNI Anwar Saadi, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (14/4/2

MerahPutih.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut ada prajurit TNI yang terjangkit virus corona. Hal itu ia sampaikan dalam rapat virtual dengan Komisi 1 DPR.

"Data dari yang ada di Mabes TNI sendiri, bahwa ada 1.187 kasus terkait COVID-19 tersebut. Yang positif ada 55 orang, kemudian PDP 190 orang, 873 ODP orang, sembuh ada 54 orang, dan meninggal dunia ada 15 orang," kata Hadi, Rabu (15/4).

Baca Juga

Gelar Rapid Test di Warkop, Polisi Temukan 2 Orang Positif COVID-19

Dalam kesempatan yang sama KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan terdapat 463 anggotanya yang tengah dirawat karena terjangkit virus corona. Andika menyebut 4 orang anggota TNI AD meninggal dunia.

"285 di antaranya (yang dirawat) militer aktif dan 178 di antaranya PNS yang meninggal sudah ada 4 (orang), 1 TNI aktif dan 3 PNS 2 di antaranya tenaga medis dan 1 di antara 2 tenaga medis yang PNS," kata dia.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberi arahan kepada 2.900 prajurit TNI/Polri di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-/2020). ANTARA/Fathur Rochman
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberi arahan kepada 2.900 prajurit TNI/Polri di Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17-1-/2020). ANTARA/Fathur Rochman

KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga mengungkapkan kasus virus corona juga melanda anggota TNI AU. Dia menyebut 346 anggota sebagai ODP dan 2 orang meninggal dunia.

"ODP ada 346 orang ini militer dengan keluarga dan termasuk PNS dan PDP 23. Kemudian pos militer ada 25 orang PNS ada 1 orang keluarga 8 orang total 34 dari yang positif meninggal 2 orang. Dua-duanya militer dan 2 orang sudah berhasil sembuh," tutur dia.

Selain itu, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menuturkan terdapat 20 anggota TNI AL yang positif virus corona.

"Kami terima ODP 97 orang, PDP 32 orang, positif 20 orang. Korban meninggal sampai saat ini tim TNI AL aktif ada 1 dokter, purnawirawan 5, keluarga besar 3 orang," tutur Siwi.

Baca Juga

Pasien COVID-19 di RSUP Persahabatan Didominasi Usia 40-60 Tahun

Hadi mengatakan akan membandingkan dengan data dari Kementerian Kesehatan.

"Ini setiap hari kita update terkait perkembangan yang terinfeksi COVID-19 tersebut. Di samping itu, kita juga meng-update data untuk masyarakat, karena TNI memiliki jaringan di desa-desa dan kita bandingkan dengan data yang dikeluarkan Kemenkes, setiap hari kita update terus," imbuhnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH