hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Pengidap Diabetes, Lakukan Persiapan Ini Sebelum Pergi Liburan Penderita dibates perlu melakukan persiapan khusus sebelum liburan(Foto: pixabay/pexels)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

DALAM beraktivitas, travelling hingga mengonsumsi makanan, pengidap diabetes perlu lebih berhati-hati. Namun bukan berarti diabetes tipe satu atau dua harus hidup terkekang dengan kondisi tersebut. Misalnya traveling, penderita diabetes bisa kok jalan-jalan ke banyak tempat.

Asalkan punya persiapan yang cukup, maka semua risiko serta kemungkinan buruk bisa diminimalisir. Walaupun sebenarnya kegiatan serta pola makan pengidap diabetes saat dalam perjalanan, kurang lebih sama dengan yang direkomendasikan setiap hari.

Baca Juga:

Kenali Beberapa Gangguan Kondisi Kesehatan Akibat Kedinginan di Tempat Liburan

Pengidap diabetes yang gemar traveling perlu melakukan persiapan khusus (Foto: pixabay/tumisu)

Nah, yang harus dipikirkan adalah cuaca, waktu serta akses terhadap obat-obatan maupun dokter di tempat yang ingin kamu kunjungi. Kamu harus lebih cermat dalam mempersiapkan sebuah perjalanan.

Nah, seperti yang dilansir dari laman alodokter, di bawah ini ialah beberapa hal yang perlu dipersiapkan seorang pengidap diabetes sebelum pergi liburan.

Hal pertama yang harus dipersiapkan ialah memeriksa kembali perlengkapan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti obat-obatan, pemantau kadar glukosa, insulin atau obat suntik jika diperlukan.

Simpanlah dalam dua tempat yang berbeda, dimana salah satunya di tas tangan yang bisa kamu bawa dan akses dengan mudah. Selain itu untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu membawa obat-obatan itu dalam jumlah dua kali lipat dari biasanya.

Baca Juga:

Memberi Hadiah Tahun Baru Bermanfaat Bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya

Selanjutnya, bawalah surat keterangan dari dokter, yang menyatakan jika kamu merupakan pengidap diabetes. Karena perlengkapan untuk menangani diabetes bisa jadi memerlukan dokumen tertentu ketika diperiksa.

Jangan lupa untuk mempersiapkan stock obat-obatan (Foto: pixabay/stevepb)

Lalu, cari informasi di mana kamu bisa mendapatkan insulin di tempat wisata guna mengantisipasi jika persediaan obat kamu menipis. Jangan lupa juga membawa resep obat-obatan yang kamu butuhkan, untuk ditunjukan pada farmasi/apotek jika kamu tiba-tiba kehabisan obat. Sebisa mungkin, kamu gunakanlah hak kamu untuk mendapatkan asuransi perjalanan.

Untuk meminimalisir perbangan atau perjalanan jauh, bawalah camilan ekstra. Namun yang ramah dengan pengidap diabetes. Misalnya minuman gula non-diet, jus buah, serta biskuit.

Setelah itu, perhatikan pula perbedaan zona waktu yang mungkin bisa membuatmu perlu mengatur ulang waktu konsumsi obat atau insulin. Perlu diingat jika faktor cuaca dingin atau panas bisa memengaruhi kadar glukosa dan insulin.

Dalam cuaca panas, sebaiknya kenakan celana panjang dan baju lengan panjang, kaca mata hitam, topi dan tabir surya. Sementara itu, jika cuaca dingin, insulin diserap lebih lambat di awal kemudian diserap tiba-tiba saat kamu menghangatkan diri. Hal itu bisa menyebabkan turunnya kadar gula darah. (ryn)

Baca Juga:

Rilisan Sneakers Converse Terbaru yang Bikin Tahun Baru Kamu Makin Kece

Kredit : raden_yusuf

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5