Penghormatan Terakhir Selebritas di Upacara Pemakaman Nipsey Hussle Nipsey Hussle wafat pada 30 Maret, upacara pemakaman diadakan untuk berikan penghormatan terakhir (Foto: metro.co.uk)

DIANGGAP lebih dari sekedar seorang musisi, Nipsey Hussle dianggap sebagai seorang rapper yang membawa perubahan. Tidak hanya berkontribusi dalam dunia musik, namun Hussle juga dikenal sebagai sosok pengusaha, aktivis berbagai komunitas, juga sebagai sahabat dan keluarga yang baik.

Ermias Asghedom, atau yang lebih dikenal sebagai Nipsey Hussle, meninggal pada Minggu (30/3) lalu di usianya yang ke-33. Meningalkan kekasihnya Lauren London, anak laki-lakinya yang berusia 2 tahun Kross, serta Emani anak perempuannya dari hubungan sebelumnya.

Hussle dinyatakan meninggal karena penembakan ketika ia berada di toko pakaian miliknya, yang juga mengakibatkan dua orang lain terluka parah.

Dianggap memiliki "jiwa kenabian" oleh salah satu kerabatnya, berikut merupakan beberapa penghormatan terhadap beliau atas kebaikan yang dirasakan orang-orang terdekat Nipsey Hussle di waktu hidupnya yang singkat.

1. Surat dari Barrack Obama untuk Nipsey Hussle

Penghormatan Terakhir untuk Nipsey Hussle di Upacara Pemakamannya
Barack Obama mengirimkan surat yang berisikan penghormatan untuk Nipsey Hussle. (Foto: bossip)

Barack Obama, mantan presiden Amerika Serikat mengirimkan surat kepada Nipsey Hussle. Dikatakan bahwa meskipun sebagian orang melihat daerah Crenshaw sebagai kawasan geng, peluru, dan keputusasaan, Nipsey melihat potensi.

Dia melihat harapan, dia melihat komunitas yang meskipun memiliki banyak kekurangan, namun tetap mengajarinya untuk terus bertahan dan berjalan.

Nipsey Hussle telah berkontribusi dalam pembangunan training center dan ruang kerja bersama di Crenshaw, tempat yang dianggap sebagai kawasan rusak penuh geng dan kekerasan.

2. Louis Farrakhan, pejabat masjid di Boston dan Harlem serta ketua dari grup Nation of Islam

Penghormatan Terakhir untuk Nipsey Hussle di Upacara Pemakamannya
Louis Farrakhan buka suara mengenai sosok Nipsey yang memiliki jiwa kenabian. (Foto: PJMedia)

Louis Farrkahan selaku pemuka agama Islam besar di Amerika Serikat juga angkat bicara terkait Nipsey Hussle. Beliau mengatakan bahwa Hussle memiliki sosok jiwa kenabian.

Ermias Asghedom alias Nipsey Hussle, memiliki relasi sangat kuat terkait hip-hop, yang diibaratkan Louis sebagai Bob Marley yang sangat erat kepad reggae. Farrakhan juga memuji dia atas usaha Hussle dalam menghubungkan geng Crip dan saingannya Bloods.

"Dia tinggal di kehidupan antar geng, tapi dia tidak bertahan disana," ungkap Farrakhan. "Ketika kamu bisa terbang diatas keadaan hidupmu, itu akan menghasilkan kecemburuan dan permusuhan bagi mereka yang belum mampu terbang, namun Ermias merupakan sosok yang lebih dari artis hip-hop. Dia merupakan sebuah suara dan sebuah pikiran cemerlang, dan roh Allah selalu menyertai hidupnya."

3. Snoop Dogg angkat suara mengenai Nipsey Hussle

Penghormatan Terakhir untuk Nipsey Hussle di Upacara Pemakamannya
Snoop Dogg berterimakasih kepada orangtua Hussle karena telah melahirkan dia ke dunia. (Foto: edition.ccn.com)

Ketika upacara pemakaman Nipse Hussle diselenggarakan di Los Angeles, Snoop Dogg mengenang ketika Nipsey pertama kali memberikan lagunya untuk didengar oleh Snoop Dogg untuk mendapatkan masukan.

Snoop Dogg mengatakan, banyak dari mereka yang mencoba meraih Snoop untuk membicarakan tentang membuat uang bersama atau mendapatkan penyiaran, namun tidak dengan Nipsey, ia ingin mendapatkan masukan lewat Snoop.

Ketika mereka mulai suka berkumpul berdua, Nipsey mendatangi Snoop dan mengatakan bahwa seharusnya ia membuat taman bermain yang dinamakan Doggyland.

Lalu ketika Nipsey telah mengatakan hal yang sama selama enam kali, Dogg mengatakan "mengapa kamu tidak membuatkannya satu untukku, Nip? Karena aku tidak mengerti apa yang kamu katakan, aku kuno."

Kemudian Nipsey membeli seluruh tempat itu, dan akhirnya dia menjadikan tempat itu untuk membangun suatu komunitas. Snoop Dogg menutup pidatonya dengan mengatakan, "Akhirnya dia (Nipsey Hussle) telah membuat Doggyland-nya sendiri."

4. Pendapat Stevie Wonder mengenai sosok Nipsey Hussle

Penghormatan Terakhir untuk Nipsey Hussle di Upacara Pemakamannya
Stevie Wonder ikut tampil dalam konser mengenang Nipsey Hussle. (Foto: edition.cnn.com)

Stevie Wonder kembali mengenang pertemuannya dengan sosok sang rapper, dan berharap kepergiannya sosok legendaris Nipsey ini dapat memicu negara untuk lebih serius menghadapi kekerasan menggunakan senjata.

Stevie mengatakan bahwa ia sangat senang bahwa di masa hidupnya yang singkat, Nipsey berhasil memotivasi banyak prang, dan dia berharap kasus ini dapat memotivasi kalian bahwa sudah cukup orang-orang terbunuh karena senjata dan kekerasan.

5. Konser Celebration of Life yang diadakan di The Staples Center

Penghormatan Terakhir untuk Nipsey Hussle di Upacara Pemakamannya
Konser Celebration of Life Nipsey Hussle diselenggarakan di Staples Center. (Foto: KTLA)

Konser yang didedikasikan untuk mengenang kematian Nipsey Hussle diselenggarakan pada 11 April lalu di Los Angeles. Tiket konser ini gratis, dan langsung habis dalam waktu 30 menit pertama, memenuhi kapasitas The Staples Center yang mampu menampung 21.000 orang.

Permulaan konser diiringi dengan DJ Battlecat yang memutarkan lagu-lagu Nipsey dari album terakhirnya, Victory Lap yang diiringi dengan penampilan band.

Kemudian Stevie Wonder masuk untuk memeriahkan panggung dengan memainkan lagu Rocket Love, salah satu lagu favorit Nipsey Hussle, diikuti dengan penampilan Stevie memainkan lagu Tears in Heaven milik Eric Clapton.

Sesungguhnya penampilan dari Stevie Wonder merupakan sesuatu yang diinginkan oleh Nipsey, dikatakan dalam salah satu lagunya, Ocean Views, yang mengatakan "Hundred-thousand in my coffin, that's just light dough / Play a Stevie Wonder song, smoke some flight, bro."

Konser ini juga dimeriahkan oleh Marsha Ambrosius, Snoop Dogg, YG, Anthony Hamilton, Jhene Aiko, Beyoncé dan Jay-Z, Mozzy, Master P, Usher, 2 Chainz, dan banyak lagi.

6. Nipsey Hussle dijadikan nama jalan di Los Angeles

Penghormatan Terakhir untuk Nipsey Hussle di Upacara Pemakamannya
Nipsey Hussle dijadikan nama jalan di Crenshaw Boulevard dan West Slauson Avenue sebagai penghormatan (Foto: billboard.com)

Anggot dewan kota Los Angeles, Marqueece Harris-Dawson mengumumkan pada 9 April bahwa perempatan di Crenshaw Boulevard dan West Slauson Avenue di Los Angeles Utara, dimana Hussle tertembak, akan secara resmi dinamakan sebagai Nipsey Hussle Square. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH