Penggunaan Digital Payment Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 26 April 2022
Penggunaan Digital Payment Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta
Ilustrasi - Pertumbuhan ekonomi Jakarta. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

MerahPutih.com - Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyebutkan peluang menggunakan digital payment bagi para pelaku usaha termasuk sektor mikro kecil dan menengah (UMKM) membawa dampak pertumbuhan ekonomi di ibu kota, terlebih banyak peluang yang ada sejak 2021 dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

"Kami melihat indikator pertumbuhan ekonomi di Jakarta tahun 2021 mengalami peningkatan mencapai 3,56 persen. Ini akibat telah banyaknya yang mendapatkan vaksin satu dua ditambah booster sehingga mendorong pertumbuhan perekonomian termasuk transaksi digital," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko pada acara diskusi virtual balkoters di Jakarta, Selasa (26/4).

Bahkan, lanjut Onny, pertumbuhan ekonomi di Jakarta akan tumbuh lebih besar yakni pada kisaran 5,3 persen sampai dengan 6,1 persen.

Baca Juga:

Luncurkan Unit Pengumpul Zakat, Kemenko: Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Menurut Onny, transaksi digital juga akan mengalami pertumbuhan luar biasa menyusul adanya aturan mengenai kewajiban lembaga pemerintah untuk menyerap produk-produk UMKM.

"Ini peluang, karena ada aturan baru dari pemerintah pusat bahwa pemerintah daerah, lembaga-lembaga negara harus menyerap produk-produk UMKM sebesar Rp 400 triliun pada tahun 2022 ini, itu artinya UMKM-nya harus siap. Ini sudah ada dana nih, ada uang yang siap menyerap atau membeli produk UMKM sebesar Rp 400 triliun, itu peluang. Karena sudah diputuskan oleh pemerintah," ucapnya.

Peluang selanjutnya bagi transaksi digital adalah dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditetapkan di dalam rencana pemerintah itu ditargetkan sebesar Rp 387 triliun.

"Luar biasa ini. Itu dari sisi keuangan. Peluang berikutnya secara mikro itu pemerintah sedang berkampanye bahwa buatan Indonesia, ada bangga wisata Indonesia dan transformasi ekonomi digital," jelasnya.

Baca Juga:

Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Baru Terserap 11,6 Persen

Onny menambahkan, setiap bulan di Jakarta juga menggelar event besar yang bisa meningkatkan permintaan terhadap barang-barang UMKM yang meningkatkan pembayaran digital.

"Harapan kami nanti diserap dengan bayaran digital. Sehingga bayaran digitalnya meningkat, transaksi UMKM ikut meningkat," tuturnya.

Beberapa event besar yang dapat mendorong peningkatan ekonomi bagi UMKM. Contohnya untuk bulan juni aja ada Formula E yang digelar di Ancol.

"Pada bulan juni ada ulang tahun Jakarta. Pada bulan juni BI Jakarta mengadakan Jakarta Creative Festival, pada bulan juni Mal Sarinah akan grand launching," ungkapnya. (Asp)

Baca Juga:

Sri Mulyani: Pemberian THR & Gaji ke-13 ASN Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi

#Pertumbuhan Ekonomi #Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan