Pengguna 'Olshop' Berdonasi untuk Perangi Virus Corona APD tenaga medis memprihatinkan (FOTO: ISTIMEWA)

TINGGINYA angka pasien Corona di berbagai wilayah di Indonesia berbanding terbalik dengan kesejahteraan para tenaga kesehatan. Kondisi mereka memprihatinkan karena harus menangani pasien dengan seadanya.

Berbagai cerita menyedihkan pun diungkapkan oleh para tenaga medis di lapangan. Mulai dari mengenakan jas hujan sebagai APD (Alat Pelindung Diri) hingga menggunakan APD berulang kali yang seharusnya hanya sekali pakai.

Baca juga:

Dokter Wuhan Ungkapkan, Hal Ini Picu Kematian Pada Pasien Corona

APD Tenaga medis
APD memprihatinkan para tenaga medis (Sumber: Twitter)

Prihatin akan hal tersebut, BenihBaik dan Tokopedia pun coba melakukan sesuatu untuk pengendalian virus corona. "Sejak awal kami sudah melakukan berbagai upaya untuk melawan COVID-19 bersama mitra, karyawan, pengguna, logistik, pemerintah hingga institusi lainnya," ujar Co-founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison.

Founder BenihBaik, Andy F Noya menilai bantuan yang diberikan tersebut sangat penting mengingat jumlah pasien positif COVID-19 terus melonjak dari hari ke hari. "Kondisi yang dihadapi kian serius. Perang melawan Corona lebih lama dari perkiraan semula. Jumlah APD yang tersedia untuk tenaga medis pun sangat tidak cukup. Perlu peran serta dari semua pihak agar Indonesia bisa segera pulih dan bangkit," tuturnya.

Baca juga:

Virus Corona Runtuhkan Industri Hollywood

Salah satu inisiasi yang dilakukan oleh Tokopedia yakni membuka kanal berdonasi lewat fitur 'Bantu Pejuang COVID-19' dan halaman Checkout Tokopedia. Dari kanal tersebut, terkumpul uang sebesar Rp500.500.000.

Donasi dari para pengguna Tokopedia tersebut digunakan untuk keperluan pencegahan Corona dan akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan.

APD untuk tenaga medis
Sumbangan untuk para tenaga medis di lapangan (Sumber: Istimewa)

Donasi yang akan diberikan ialah 1300 APD, 35.000 sarung tangan, 400 botol hand sanitizer berukuran 500 ml, 300 pasang sepatu medis, 10.000 masker, dan 400 buah kacamata pelindung. Barang-barang tersebut merupakan kebutuhan dasar bagi para pekerja medis yang menangani pasien terinfeksi COVID-19. (avia)

Baca juga:

Terinspirasi dari Wabah Virus Corona, Intip Uniknya Tren Fashion di Tiongkok

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia