Pengguna Kamera Canon Kini Bisa Otomatis Unggah Foto ke Google Photos Pastikan kameramu kompatibel. (Foto: The Verge)

KABAR baik bagi para pengguna kamera Canon, kini kamu bisa mengunggah foto dan video secara otomatis ke platform Google Photos mengguakan nirkabel via ponsel.

Fitur ini sangat bermanfaat dan mempercepat kinerja pengguna ketika dalam keadaan mendesak. Perlu dicatat, fitur ini hanya tersedia di beberapa tipe kamera dan versi terbaru dari aplikasi image.canon saja.

Baca juga:

Menggunakan Sistem Magnet, DJI Siap Rilis Osmo Mobile 4

Mengutip The Verge, fitur backup otomatis ke Google Photos ini mendukung via iOS dan Android. Namun, pengguna perlu memastikan bahwa kamera sudah kompatibel dan mengunduh aplikasi dalam versi terbaru.

Kualitas gambar akan disinkronkan dengan yang aslinya. (Foto: SlashGear)
Kualitas gambar akan disinkronkan dengan yang aslinya. (Foto: SlashGear)

Dalam aplikasi versi terbaru, pengguna akan menemukan opsi baru untuk mentransfer foto ke Google Photos. Dengan demikian, foto dan video akan secara otomatis dikirimkan ke Google Photos.

Kamu tidak perlu khawatir kualitas foto dan video yang diunggah menjadi lebih buram. Secara otomatis, file yang kamu unggah akan disinkronisasikan ke Google Photos dalam kualitas aslinya. Tentunya sinkronisasi baru akan dilakukan ketika kamera terhubung dengan ponsel melalui Wi-Fi.

Baca juga:

Intip Daftar Harga Kartu Grafis Nvidia GeForce RTX 3000 Series

Pada Februari lalu, Canon meluncurkan versi karyanya untuk layanan backup cloud, yakni image.canon, yang memungkinkan kamera Canon melakukan backup foto via Wi-Fi. Dari aplikasi image.canon, pengguna memiliki opsi untuk secara otomatis mentransfer gambar dan video mereka ke platform lain, seperti Google Drive atau YouTube untuk mengunggah video.

(Foto 2) Harus daftar sebagai anggota terlebih dahulu. (Foto: Flipboard)
Harus daftar sebagai anggota terlebih dahulu. (Foto: Flipboard)

Namun, ada satu faktor yang mungkin akan menganggu beberapa orang, yakni perlu adanya daftar keanggotaan Google One untuk bisa mentrasnfer foto. Google menawarkan pelanggan Canon masa percobaan selama satu bulan ke Google One dengan kapasitas penyimpanan 100GB. Setelah uji coba selesai, paket Google One akan dikenakan biaya sebesar US$2 atau sekitar Rp29 ribu per bulannya.

Awal bulaln ini, Canon menghentikan sementara image.canon setelah beberapa foto dan video yang disimpan hilang. Adobe juga mengalami masalah yang mengkhawatirkan awal bulan ini ketika terungkap bahwa beberapa foto yang disinkronkan ke Lightroom di cloud telah hilang secara permanen. (and)

Baca juga:

Rekomendasi Film dan Serial Netflix untuk Temani Si Kecil


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH