Pengguna Jasa Pengiriman Barang Dapat Apresiasi Pengguna Jasa pengiriman barang meningkat (Foto: Pexels/Norma Mortensen)

PERTUMBUHAN belanja di E-Commerce naik pesat. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku konsumen yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja daring. Terutama di masa PSBB.

Selain itu, peningkatan ini juga didorong oleh pelaku UMKM yang berlomba-lomba untuk beralih online dengan bergabung di marketplace atau membangun toko online nya sendiri.

Baca juga:

Waspadai Ciri-Ciri Akun Online Shop Penipu

Perubahan ini dibuktikan dengan data survey yang dikutip dari Sea Insights, menemukan 45 persen pelaku usaha bisnis lebih aktif berjualan di E-commerce pada saat pandemi.

Melihat dari data tersebut, perusahaan penyedia layanan hosting Exabytes Indonesia juga menyatakan peningkatan jumlah pelanggan E-Commerce di tujuh bulan pertama tahun 2020 (Januari-Juli) sebesar 38.3%, dibandingkan dengan tahun 2019.

Hal ini menunjukkan semakin banyak pelaku bisnis yang mulai bergerak untuk go digital dengan membangun platform online sendiri untuk bisnis mereka. Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia mengatakan ada kenaikan pelanggan yang mendaftarkan websitenya untuk keperluan berwirausaha.

Pengguna E Commerce meningkat di masa pandemi (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

Fenomena ini dilihat dari kenaikan jumlah pelanggan yang berbentuk PT atau CV dengan rata-rata sebesar 38.3 persen dibandingkan tahun lalu. "Terutama di bulan Februari naik 120% dibandingkan Februari 2019 lalu," ujarnya dalam webinar eCommerceFest : Get Ready For The New eCommerce Normal beberapa waktu lalu.

Tentu saja kenaikan daya belanja di e-commerce membuat jasa pengiriman barang ikut mendapatkan dampak positif. Para Shopaholic otomatis menggunakan jasa pengiriman barang terpercaya seperti J&T Express. Beberapa waktu lalu perusahaan jasa pengiriman ini genap berusia lima tahun.

Herline Septia, Brand Manager J&T Express mengatakan jasa pengiriman barang dapat terus berkembang karena tidak lepas dari dukungan dan kepercayaan yang diberikan pelanggan.

Baca juga:

Hobi Promosi Dagangan di Akunnya Medsos Orang Lain? Perhatikan Ini Biar Enggak Bikin Kesal Pemilik Akun

Oleh karena itu, J&T Express memberikan berbagai macam kejutan kepada pengguna setia mereka sejak 15 Juli 2020-30 Agustus 2020 mendatang melalui beberapa program menarik. Puncak rangkaian acaranya akan ditutup dengan acara Malam Semarak Ulang Tahun J&T Express.

J&T Express berbagi hadiah menarik (Foto: Pexels/Kim Stiver)

Acara tersebut akan dimeriahkan artis tanah air papan atas. Kemudian akan diramaikan dengan undian berhadiah total 4 Miliar Rupiah. Acara tersebut akan disiarkan secara langsung melalui Youtube channel.

"Rangkaian kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan J&T Express di seluruh Nusantara," ujar Herline dalam jumpa pers daring melalui zoom, Selasa (25/8).

Menurut Herline, pihaknya akan fokus pada bisnis e-commerce dengan menyelenggarakan program 'J&T Gapai Mimpimu' yang berlangsung pada periode Juli- Agustus 2020.

Program itu akan merealisasikan lebih dari 600 mimpi pelanggan setia yang ditransaksikan melalui marketplace. Tujuan program ini ialah demi membantu memajukan perekonomian serta membantu keberlangsungan UMKM terutama di masa sulit pandemi sekarang ini. (ikh)

Baca juga:

Kiat Penting Menjaga Produk Agar Selalu Layak

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH