Teknologi

Pengguna iPhone Inginkan Fitur ‘Split-Screen’ Hadir di iOS 17

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 05 Juni 2023
Pengguna iPhone Inginkan Fitur ‘Split-Screen’ Hadir di iOS 17
Fitur split-screen sudah menjadi kebutuhan saat ini. (Foto: 9to5mac)

KETIKA memasuki era layar ponsel yang lebih besar, adanya fitur split-screen untuk multitasking sudah menjadi suatu kebutuhan. Namun entah mengapa Apple belum menghadirkan fitur ini ke iPhone-nya.

Di iPad, multitasking, memang sudah dapat dilakukan dengan sangat baik melalui Split View, memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi secara berdampingan untuk akses mudah ke informasi dari kedua aplikasi. Namun, hal ini tidak mungkin di iPhone, tetapi seharusnya perusahaan itu menghadirkannya.

Baca juga:

Intip Bocoran Perangkat di Apple WWDC 2023

Pengguna iPhone Inginkan Fitur ‘Split-Screen’ Hadir di iOS 17
Applikasi Mona berhasil menerapkan fitur split-screen di iOS. (Foto: 9to5mac)

Dikutip dari XDA Developers, Minggu (4/6), beberapa pengembang aplikasi pihak ketiga telah menemukan cara cerdas untuk mengimplementasikan fitur split-screen di aplikasi iPhone. Fitur-fitur ini, tentu saja, hanya berfungsi di aplikasi tersebut, jadi pengguna tidak dapat memisahkannya di antara dua aplikasi yang berbeda.

Misalnya, seperti yang ditunjukkan MacStories bahwa aplikasi Mona menawarkan dukungan split-screen. Di Mona, kamu cukup mengetuk tombol tiga titik dan aplikasi akan terbagi menjadi dua, jadi satu jendela mengisi setengah bagian atas dan jendela kedua mengisi bagian bawah. Ini adalah fitur yang dilakukan dengan sangat baik dan menunjukkan bahwa Apple dapat melakukan hal yang sama.

Multitasking split-screen pada iPhone tentunya akan sangat berguna. Misalnya, kamu dapat membuat Safari mengisi separuh atas layar iPhone mu dan aplikasi Notes mengisi separuh bawah sehingga kamu dapat secara aktif mereferensikan apa pun yang kamu baca di Safari sambil membuat catatan.

Baca juga:

iPhone 16 Dirumorkan akan Punya Layar Lebih Panjang

Pengguna iPhone Inginkan Fitur ‘Split-Screen’ Hadir di iOS 17
Apple dikabarkan menghadirkan layar yang lebih besar di iPhone 16 Pro. (Foto: Unsplash/Thai Nguyen)

Kasus penggunaan split-screen lainnya adalah membuka aplikasi seperti Apple Maps bersama aplikasi Safari. Ini akan memungkinkan kamu untuk menelusuri berbagai lokasi di Apple Maps saat kamu melihat daftar dan ulasan melalui Safari.

Sebelumnya, fitur picture-in-picture yang juga menjadi salah satu fitur paling banyak diminta pengguna juga tiba terlambat di iPhone. Ini bukan pertanda baik, banyak pengguna berharap bahwa Apple secara aktif mengerjakan split-screen. Walaupun datang terlambat tetapi fitur picture-in-picture, seperti yang diterapkan saat ini, berjalan dengan cukup baik dan menunjukkan bagaimana pengguna dapat memanfaatkan ukuran layar iPhone yang terus meningkat.

Terlebih, ada desas-desus bahwa layar iPhone akan menjadi lebih besar tahun depan pada iPhone 16 Pro. Menambahkan fitur split-screen tahun ini di iOS 17 akan memberi pengembang berbagai aplikasi cukup waktu untuk mengadopsi dan menyempurnakan fitur itu sebelum peluncuran iPhone 16 Pro. (kna)

Baca juga:

iOS 16.5 Bikin Baterai iPhone Boros, Ini Alasannya

#Teknologi #IPhone #Apple
Bagikan
Ditulis Oleh

Krisna Bagus

work smart, play hard.
Bagikan