Pengguna iPhone 5 Segera Perbaharui iOS Sebelum Akses Internet Terblokir Peringatan bagi pengguna iPhone 5 (Foto: unsplash/Rami Al-zayat)

HIMBAUAN bagi pengguna smartphone merek Apple, terkhusus iPhone 5. Salah satu produk Apple yang berhasil terjual hingga dua juta unit dalam masa pre-order dalam waktu 24 jam pertama. Gawai terpopuler di era 2012 ini, didesak untuk segera diperbaharui ke iOS terbaru versinya sebelum batas waktu yang ditentukan. Sesuai dengan peringatan resmi melalui pesan pop-up di gawai masing-masing.

Baca juga:

Diklaim Tercanggih, Seperti Apa Fitur dari iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max?

Pengguna iPhone 5, sebaiknya segera memperbaharui ke iOS 10.3.4 sebelum 3 November 2019. iOS 10.3.2 hanya diperuntukkan perangkat dengan chip 64-bit, sementara iPhone 5 masih menggunakan chip 32-bit. Mulai versi iOS 11, mode 32 bit tak bekerja lagi. Pembaharuan perangkat ditujukan untuk menjaga fungsi-fungsi, seperti App Store, layanan penyimpanan data di iCloud, e-mail, pelacak lokasi melalui GPS dan penelurusan web tetap bekerja dengan baik.

Diklaim Tercanggih, Seperti Apa Fitur dari iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max?
Akses internet terancam diblokir jika tak update ke iOS terbaru versinya (Foto: unsplash/freestock.org)

Peringatan ini disebarkan agar perangkat lunak dalam produk Apple lama dapat tetap terhubung dengan internet. Pembaharuan dilakukan untuk memperpanjang penggunaan waktu GPS. Lansiran dari laman cnn, setiap 19 tahun sekali perangkat GPS akan diatur ulang untuk mengukur waktu dan tanggal secara akurat.

Update iOS 10.3.4 bisa menjaga layanan GPS tetap akurat. Reset tanggal dilakukan untuk mengatasi masalah teknologi, seperti bug millennium/Y2K. Kesalahan perhitungan tanggal yang terjadi akibat sistem penyimpanan data bermasalah.

Baca juga:

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple

Situs Ars Technica pada the verge juga mengungkapkan, "Perangkat yang lebih baru telah dirancang untuk beradaptasi dengan rollover, keakuratan GPS akan memengaruhi bug ponselmu."

Diklaim Tercanggih, Seperti Apa Fitur dari iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max?
Pembaharuan software untuk menjaga fungsi aplikasi dan web di dalamnya (Foto: unsplash/michael weidemann)

Perangkat apapun yang diproduksi antara 2006 hingga 2016 harus diperbaharui. Tak hanya pemilik iPhone 5, pengguna iPad (generasi ke-4), iPhone 4s, iPad mini (generasi pertama), iPad 2, dan iPad 3 yang tidak memperbaharui juga akan terblokir akses internet secara otomatis. Sayangnya, iOS 10.3.4 diperuntukkan iPhone 5, iPad Mini 2, dan iPad Air atau perangkat yang lebih baru dengan chip 64-bit saja.

Untuk memastikan versi iOS perangkatmu, periksalah melalui app Settings. Pilih General, lalu tekan Software Update. Pembaruan perangkat terakhir dimunculkan. Jika diminta update software, lakukan sekarang juga sebelum terlambat. (Dys)

Baca juga:

iPhone XE, Seri X Terkecil Seukuran iPhone 5


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH