Pengguna Android Waspada Kiriman Foto Sunset, Mengapa? Waspada dengan Kiriman Foto Sunset (Foto: pixabay/pexels)

PONSEL pintar Android merupakan perangkat paling populer di seluruh dunia. Dari mulai brand Samsung, Sony, Oppo, Asus, Xiaomi, Vivo dan masih banyak lagi brand ternama Android lainnya.

Bicara soal Android, belakangan ini tengah heboh di media sosial sebuah foto sunset atau matahari terbenam dikabarkan dapat menghancurkan ponsel pintar saat digunakan sebagai wallpaper.

Baca Juga:

Bos Microsoft Perangi Kesenjangan Ras di Amerika Serikat

Masalah tersebut pertama kali ditandai di Twitter Ice Universe, dan kini telat di-retweet lebih dari 16.000 kali.

"Mereka menulis "PERINGATAN! Jangan pernah mengatur gambar ini sebagai wallpaper, terutama untuk pengguna ponsel Samsung! Ini akan menyebabkan ponsel Anda mogok! Jangan mencobanya! Jika seseorang mengirimi Anda gambar ini, abaikan saja," tulis akun tersebut.

Bila kamu mengatur foto tersebut sebagai wallpaper di ponsel pintar Androidmu, bug akan membuat layar menyala dan mati terus-menerus.

Lalu, pada beberapa kasus, pengguna dipaksa melakukan reset pabrik pada ponsel pintar untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga:

Jeff Bezos Dukung Penuh Black Lives Matter

Masalah ini tampaknya memengaruhi ponsel pintar yang menjalankan Android 10, versi terbaru sistem operasi Android.

Meski alasan masalah ini belum jelas, sejumlah ahli menilai gambar tersebut membuat crash beberapa ponsel pintar, karena pengguna tidak tahu bagaimana menangani warna tertentu di dalamnya.

"Karena kualitas foto digital telah meningkat, ponsel perlu memeriksa apa 'ruang warna' gambar untuk mengetahui bagaimana menampilkannya dengan benar. Begitulah cara telepon tahu cara menampilkan warna hijau yang tepat, misalnya," ucap Ken Munro dan Dave Lodge dari mitra Pen Test pada BBC.

Jika mendapat foto sunset, sebaiknya kamu segera menghapus dan tak mencoba membukanya (Foto: pixabay/pexels)

Para ahli juga mengatakan, ada berbagai cara untuk mendefinisikan ruang warna. Beberapa ruang memiliki kegunaan khusus dalam desain grafis, jadi terkadang kamu akan melihat gambar tak dalam format 'standar RGB'.

Selain itu, ada kemungkinan juga untuk secara sengaja membuat gambar yang memiliki lebih banyak informasi warna yang bisa ditangani oleh beberapa perangkat.

Lebih lanjut para ahli tersebut mengatakan jika yang terjadi saat ini ialah beberapa ponsel macet disebabkan karena tidak tahu cara menghadapinya dengan benar.

Bila kamu menerima foto tersebut, sebaiknya segera menghapusnya dan tidak mencoba membukanya lewat ponsel pintar milikmu. (Ryn)

Baca Juga:

Penelitian Vaksin Virus Corona di Inggris Jadi Target Hacker

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH