Penggugat Polusi Udara Jakarta Enggak Ngerti Jawaban Anies Polusi udara di Jakarta sudah pada tahap bahaya (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Tim Advokasi Gerakan Ibu Kota menyayangkan jawaban Gubernur DKI Anies Baswedan mengenai gugatan mereka soal polusi udara di Jakarta ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (5/7).

"Ini yang kami enggak suka jawaban dari pemerintah tu begitu, kita mau ngomong apa dengan jawaban kayak gitu, enggak ngerti kita maksudnya, bukan itu persoalannya," ujar salah satu penggugat, Tubagus Sholeh Achmadi di Jakarta, Jumat (5/7).

BACA JUGA: Polusi Jakarta Digugat, Anies: Wajar, Ada 17 Juta Kendaraan Bermotor

Achmadi pun menjawab sindiran Anies, bahwa mereka sudah menggunakan moda transportasi publik mulai dari jalan kaki hingga bersepeda saat melakukan aktivitas.

"Kita sama teman-teman bersepeda kayak gitu, jalan kaki, naik transport publik, itu tuh untuk jalan bareng sama orang-orang yang menggunakan kendaraan pribadi tuh enggak nyaman betul," jelasnya.

Seharusnya, menurut Achmadi, sebagai pemerintah mempunyai wewenang membuat kebijakan untuk mengatasi polusi udara bukan melalui sekadar imbauan.

Udara Jakarta penuh dengan polusi
Kualitas udara di Jakarta digugat tim Advokasi Gerakan Ibu Kota (Foto: antaranews)

"Harus kebijakan, gak cukup imbauan, orang mau beralih ke transportasi publik ya fasilitas dan jalanannya bagus gak, sekarang gini saja, kenapa bikin transportasi publiknya lewat jalur baru yang biayanya besar, kenapa? kalau emang serius ya dibatasi jumlah kendaraan pribadi, jalurnya dibatasi, jalanan sisanya untuk transportasi publik dan kendaraan yang sifatnya darurat seperti ambulans," tutur Achmadi.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Anies menanggapi gugatan Tim Advokasi Gerakan Ibu Kota terhadap dirinya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena polusi udara.

BACA JUGA: Selain Kendaraan, Anies Sebut Polusi di Jakarta Disebabkan Hal Ini

Anies malah justru meragukan perilaku para penggugat di jalanan Ibu Kota. Kata Anies, apakah mereka sudah berkontribusi nyata untuk mengurangi polusi udara di Jakarta, yang saat ini mereka keluhkan.

"Kualitas udara ini bukan disebabkan satu dua profesi saja, tapi oleh kita semua termasuk teman-teman kita yang melakukan tuntutan hukum, itu pun kita-kita semua senyatanya ikut melakukan kontribusi pada penurunan kualitas udara. Kecuali udah pada naik sepeda semua, kalau semua sudah naik sepeda itu lain," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (5/7). (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH