Penggemar Ramai Membandingkan Novel 'The Stand' dan Virus Corona, Ini Kata Stephen King Novelnya dibandingkan dengan pandemik corona, Stephen King membantah (Foto: indiewire)

PENGGEMAR novel bergenre misteri dan horror pasti familiar deh dengan nama Stephen King, seorang penulis berumur 72 tahun ini bahkan disebut-sebut sebagai King of Horror. Semasa hidupnya, King sudah menulis banyak sekali novel dan cerita pendek, salah satunya novelnya berjudul The Stand.

Baca juga:

Dean Koontz Meramalkan Virus Corona di Buku ‘The Eyes of Darkness’?

Nah, beberapa waktu lalu novel ini jadi bahan perbincangan hangat. Karena kabarnya novel ini juga menceritakan virus yang mirip dengan pandemi Corona yang terjadi saat ini. Lantas, bagaimana pendapat Stephen King soal novel The Stand yang terbit pertama kali pada 1978 tersebut?

Respon Stephen King

Mendengar para penggemarnya ramai membanding-bandingkan novel The Stand dengan wabah virus Corona, Stephen King langsung angkat bicara.

Dilansir dari laman NME, King langsung bercuit lewat akun Twitternya dan mengatakan bahwa tidak, virus Corona bukan seperti apa yang ada dalam novel The Stand.

Penulis cerita IT dan The Shining ini juga menambahkan bahwa virus Corona tidak seburuk wabah di dalam novel The Stand, dan semua orang masih bisa bertahan dari COVID-19. Di akhir tweet, ia menyuruh para warganet untuk tetap tenang dan melakukan tindakan antisipasi terhadap pandemik Corona saat ini.

Baca juga:

Bahaya Malware saat Buka Peta Penyebaran Corona

Alasan penggemar membanding-bandingkan novel The Stand dan virus Corona

Penggemar Ramai Membandingkan Novel 'The Stand' dan Virus Corona, Ini Kata Stephen King
The Stand juga menceritakan tentang pandemik influenza yang tersebar di seluruh dunia (stephenking.com)

Novel The Stand juga menceritakan tentang pandemik influenza yang membunuh 99,4% populasi di dunia. Memang sih wabah COVID-19 enggak lebay seperti yang tertulis di novel karya King, namun karena sama-sama mengambil tema besar pandemik, maka banyak penggemar langsung dibanding-bandingkannya.

The Stand yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1978, menceritakan tentang seseorang yang kabur dari fasilitas senjata biologis sambil membawa virus mematikan yang bernama Captain Tripps atau disebut juga dengan Superflu.

Makanya enggak heran kenapa penggemar jadi ramai memperbincangkannya? Soalnya penyakit dalam buku dituliskan mirip dengan pandemi Corona saat ini. Selain itu, sama seperti dalam novel, penyakit ini sudah menyebar hampir ke seluruh dunia.

Dalam novel The Stand juga diceritakan bahwa kehidupan manusia menjadi sangat terganggu sama seperti apa yang kita alami saat ini. Tapi kita berharap ya, jangan sampai cerita di novel Stephen King ini benar-benar menjadi kenyataan. (Sam)

Baca juga:

5 Pandemi Paling Mematikan Sepanjang Sejarah



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH