Pengin Jadi Atlet Basket Profesional? Denger Nih Kiat dari Andakara Prastawa Andakara Prastawa (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

BERPROFESI sebagai pemain atau atlet basket tentu keren banget. Namun, untuk menjadi atlet basket profesional tidak bisa dengan cara instan. Kamu harus rajin berlatih dan tentunya mendengarkan saran dari atlet basket nasional Andakara Prastawa yang sangat penting ini.

Apa sih saran dari pemain Pelita Jaya Jakarta itu? Menurut Prastawa, banyak pemula basket yang mudah tergiur agar bisa langsung menjadi jago seperti pemain NBA. Padahal, butuh proses yang cukup lama untuk bisa mencapai tingkatan itu.

Baca juga:

Indonesia Jadi Juara di I-Sing World 2019

Pemula harus merutinkan latihan dasar (fundamental) basket terlebih dulu agar kelak bisa menjadi pemain andal. Kata Prastawa, latihan fundamental sering dilupakan oleh para pemula. "Bosen memang awal-awal (latihan fundamental) tapi jangan pernah bosen ulangin terus sampai terbiasa," tuturnya kepada merahputih.com di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (18/11).

Pengen Jadi Atlet Basket Profesional? Denger Nih Kiat dari Andakara Prastawa
Atlet Basket Nasional Andakara Prastawa (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Latihan fundamental lanjut Prastawa meliputi dribling (dribel), passing (mengoper), dan shooting (menembak). Setelah menguasai teknik-teknik dasar tersebut, barulah pemula bisa melanjutkan ke tingkat latihan yang lebih sulit lagi. "Misalnya setelah sudah terbiasa pas dribel gak kemana-mana bolanya, baru next stepnya (dribel) crossover," tutur pemain berusia 27 tahun itu.

Begitu pula saat melakukan latihan menembak. Tidak perlu buru-buru melakukan latihan menembak 3 (three) point. "Yang deket-deket aja dulu latihan (shootingnya), jadi gak kacau formnya," tegas Prastawa.

Baca juga:

Dulu, Luna Maya Ternyata Suka Menggambar

Pemain kelahiran Jakarta itu juga mengatakan pemula tidak perlu memikirkan ingin menjadi pemain dengan posisi apa. Lebih baik fokus latihan terlebih dulu. Baru nanti akan terlihat posisi apa yang pantas dimainkan entah itu center, forward, atau point guard.

Tidak hanya konsisten dalam berlatih, jika ingin menjadi pemain basket profesional, pola makan juga harus dijaga. Prastawa menyarankan agar menghindari makanan yang menjadi musuh para atlet pada umumnya, yaitu gorengan dan santan. Lebih aman kata Prastawa untuk mengonsumsi makanan yang direbus.

Selain itu, dia juga menyarankan agar mengurangi asupan nasi. Kecuali porsi dan frekuensi latihan mulai bertambah. Asupan nasi bisa ditambah. Praswata pun hanya makan nasi sehari dua kali. "Saya malam gak makan nasi jadi nasi dikurangi," tukasnya.

Bagaimana sahabat Merah Putih, siap meraih cita-cita menjadi atlet basket profesional? (ikh)

Baca juga:

Setelah 9 Tahun, Akhirnya Glenn Fredly Rilis Album Baru

Kredit : digdo


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH