Pengejaran Harun Masiku, Kapolri Sebut Keberhasilan Tangkap Miryam Haryani di Kasus E-KTP Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Idham Azis menegaskan, polisi akan membantu KPK untuk meringkus buronan korupsi Harun Masiku.

“Ya mohon doa restu secepatnya, tim sedang bekerja di lapangan. Kalau nanti misalnya, tim Polri yang temukan, akan kita serahkan kepada KPK karena proses penyidikannya ada di KPK,” katanya usai mengikuti raker dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (30/10).

Baca Juga:

Polisi Persilakan Dua Anak Buah SBY Datangi PTIK Terkait Harun Masiku

Mantan Kabareskrim tersebut menjelaskan, pihak KPK telah mengirimkan surat resmi meminta bantuan penyelidikan dari pihak Polri.

“Rekan-rekan dari KPK sudah mengajukan surat resmi untuk meminta bantuan kepada Polri untuk melakukan penyelidikan di mana tersangka HM ini saat ini berada,” ujarnya.

Idham menyatakan, sebetulnya hal ini bukan hal baru, mengingat prosedur tersebut pernah dilakukan oleh KPK dalam penangkapan tersangka korupsi e-KTP Miryam Haryani.

“Saya tadi sudah jelaskan bahwa ini kan sudah pernah kita lakukan, zaman kasus e-KTP, Bu Miryam itu juga permintaan dari KPK resmi dan kita lakukan proses penangkapan,” ungkapnya.

Miryam S Haryani saat bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/6). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Miryam S Haryani saat bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/6). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, ketika disinggung mengenai hasil raker dengan Komisi III DPR RI, mantan Kapolda Metro Jaya tersebut mengatakan, Komisi III DPR RI berharap Polri dapat meningkatkan kinerjanya di sepanjang tahun 2020 ini.

“Temen-teman kan sudah tahu tadi sudah berlangsung rapat dengan Komisi III, saya sudah jelaskan semuanya secara komprehensif apa yang menjadi konsen pertanyaan dari rekan-rekan Komisi III, lalu berkembang diskusi apa yang beliau-beliau harapkan untuk meningkatkan kinerja Polri ke depan,” jelasnya.

Baca Juga:

KPK Ngaku Harun Masiku Ada di Sekitar PTIK Saat OTT Terjadi

Selain itu, papar Idham, Komisi III DPR RI memberikan beberapa masukan terkait hal apa saja yang menjadi agenda prioritas di tahun 2020 ini.

“Yang kedua, juga beliau-beliau memberi masukan apa yang akan kita lakukan Polri ini ke depan, misalnya untuk pengamanan pilkada serentak dan persiapan PON 2020 di Papua,” ungkap alumni Akpol 1988 ini.

Idham berharap, raker dengan Komisi III DPR RI kali ini dapat memberikan masukan yang positif bagi Polri dan meningkatkan sinergitas antara Polri dengan para wakil rakyat.

“Semua kita bahas, dan nantinya akan ada beberapa pertanyaan yang akan kita jawab secara resmi, lalu yang terakhir tentunya kerja sama dan komunikasi yang kita bangun, harus dilanjutkan terus, agar Polri bisa dapat input soal kinerja,” pungkasnya. (Knu)

Baca Juga:

Demokrat Duga Caleg PDIP Harun Masiku Dilindungi Orang Kuat


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH