Penganan Tradisional dengan Tampilan Warna-warni, Jadi Pengin Coba Putu mayang. (Foto: dapurmenel)

SOAL kemasan penarik orang untuk berbalanja produk dagangannya sudah dikenal oleh orang-orang Indoneisa. Mereka tahu bagaimana harus menarik perhatian orang untuk membeli barang dagangannya. Inipun berlaku juga pada produk kuliner tradisional Indonesia.

Bukan hanya soal rasa, kuliner tradisional Indonesia juga menonjolkan tampilan sebagai penggugah selera. Jadi, siapa bilang kuliner daerah ketinggalan zaman karena enggak menarik. Dari dahulu wajah luar makanan khas selalu menarik orang untuk mencicipinya.

Hal yang mungkin mesti diperbaiki packaging atau pengemasan. Tapi masalahnya, dalam makanan tradisional tampilan makanan itu sendiri lebih penting dibanding tampilan luar.

Ada beberapa kuliner tradisional yang memiliki tampilan warna-warni yang bisa menggugah selera makan kamu. Berikut merahputih.com sajikan 5 penganan tersebut;

1. Kerupuk Melarat

Kerupuk melarat. (Instagram/ nursyiahrs)
Kerupuk melarat. (Foto: Instagram @nursyiahrs)

Mungkin ini salah satu kerupuk paling terkenal di Indonesia. Kerupuk melarat merupakan kerupuk yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Selain keunikan namanya, kerupuk melarat punya tampilan warna-warni yang bikin penasaran.

Nama "kerupuk melarat" ini diambil dari cerita pengolahannya yang unik. Kerupuk berbahan dasar tepung tapioka ini digoreng tanpa menggunakan minyak goreng, tetapi dengan pasir. Pasir ini telah dibersihkan sebelum menjadi media untuk mematangkan kerupuk.

2. Sentiling Singkong

sentiling singkong
(Foto: cookpad)

Ketika kamu berkunjung ke Semarang, mengelilingi kota sambil berkuliner tak boleh terlewatkan. Mungkin orang selalu ingat lumpia Semarang salah satu yang paling terkenal, tapi kue satu ini jangan sampai dilupakan dalam list berkuliner kamu. Namanya sentiling singkong.

Kue sentiling singkong merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari singkong yang diparut secara halus. Kue ini primadona lantaran rasanya yang enak, bertekstur kenyal dengan penampilan warna-warni menarik yang dimilikinya.

3. Putu Mayang

putu mayang
(Foto: pinterest)

Olahan khas masyarakat Betawi kue putu mayang berbahan baku utama tepung beras, santan kelapa dan gula merah. Olahan ini mampu dibentuk menjadi makanan yang unik, berwarna-warni dan yang pasti lezat manis.

Kue putu telah menyebar di berbagai daerah tanah air. Masyarakat Melayu dan Jawa mengenal bentuk dan jenis kue putu yang beragam. Namun, pada umumnya kue ini terbuat dari bahan baku beras bercampur santan dan gula merah.

4. Kue Pepe

kue pepe
(Foto: Menu Resep Kue)

Kue pepe merupakan salah satu jajanan pasar khas Betawi dengan tekstur yang lembut dan mempunyai warna menarik. Kue ini memiliki lapisan-lapisan dengan warna cerah dari merah, merah jambu, hijau, putih, dan hingga hijau kekuning-kuningan.

Kue yang satu ini memang cukup dikenal oleh masyarakat Jakarta khususnya. Bahkan para pendatang yang merantau ke Jakarta pun banyak yang akhirnya jatuh cinta dengan cita rasa kue pepe. Kalau dilihat dari bentuknya yang berlapis-lapis dengan warna yang cantik, maka tidak heran jika kue ini sangat digemari masyarakat hingga saat ini.

5. Manisan Cianjur

Manisan Cianjur. (Instagram/ dapurmommycjr1)
Manisan Cianjur. (Foto: Instagram @dapurmommycjr1)

Manisan Cianjur berbahan buah-buahan mentah atau sayuran yang diawetkan dengan bahan pemanis gula pasir dan sebagian diberi pewarna. Saat hawa panas, makanan ini menjadi kuliner andalan.

Sangat mudah untuk memilih mana manisan ini terutama di jalur Bandung-Cianjur. Beragam manisan dan asinan biasanya ditempatkan ke dalam toples kaca berukuran besar. Manisan berbagai bentuk dan warna menjadi daya tarik utama para pelintas untuk singgah atau merasa penasaran dengan jajanan satu ini. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kampiun, Rajanya Jenis Kolak dan Bubur Manis

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH