Penganan Khas Bangka Belitung, Menu Wajib ketika Berwisata Kuliner Kue jongkong khas Bangka Belitung. (Instagram/ dapoeryos)

BANGKA Belitung merupakan provinsi kepulauan di timur Pulau Sumatra. Tak hanya dikenal memiliki destinasi wisata bahari yang indah, daerah berjuluk 'Negeri Seribu Pantai' itu juga dikenal memiliki ragam sajian tradisional yang kaya.

Olahan terkenalnya yaitu makanan hasil laut atau seafood. Kamu bakal menemukan olahan seafood dengan bumbu lezat. Sebagian disajikan dengan sambal khas setempat. Ada juga sajian kue tradisional. Di Kota Muntok, Bangka Barat, misalnya, daerah ini bahkan dijuluki sebagai 'Kota Seribu Kue'.

Buat kamu yang melancong ke Bangka Belitung, jangan hanya menikmati keindahan alamnya. Kamu bisa berwisata kuliner ke seluru tempat. Makanan khas Bangka Belitung termasuk unik, termasuk ketika ada sajian perpaduan suku besar di sana, Melayu dan Tionghoa.

Berikut Merahputih.com sajikan 5 penganan khas Bangka Belitung.


1. Kue Pelite

Kue petite yang diberi gula pasir untuk rasa manis. (Foto: facebook.com/raja.riana.92)
Kue pelite yang diberi gula pasir untuk rasa manis. (Foto: facebook.com/raja.riana.92)

Kue pelite berbahan dasar tepung. Kue petite dibuat dengan cara sederhana. Adonan dibuat dari tepung beras, santan, dan garam. Diaduk-aduk hingga tercampur dan adonan mengental. Setelah itu, sediakan wadah takir dari daun pandan. Bagian bawahnya diberi gula untuk isian. Taburkan adonan ke dalam takir lalu dikukus.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH