Pengambilan Alat Kesehatan, Prabowo Minta TNI Terbang ke Tiongkok Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Kesehatan Dokter Terawan Agus Putranto saat mengunjungi WNI observasi di Pulau Natuna. (ANTARA/HO-Dok Kemenhan)

MerahPutih.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan pesawat militer guna mengangkut alat kesehatan dari Shanghai, Tiongkok. Alat kesehatan tersebut akan digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Karo Humas Kementerian Pertahanan Brigjen (TNI) Totok Sugiharto menjelaskan bahwa Menteri Pertahanan sudah mengirimkan surat kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat terbang dalam rangka pengambilan alat kesehatan yang berada di Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok.

Baca Juga:

Imbas Corona, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat

Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai berupa Disposable Masks, n95 Masks, Protective Clothing, googles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.

"Alat kesehatan tersebut nantinya akan digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas Covid 19 dan para dokter dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19," ujar Totok Sugiharto dalam keterangannya, Kamis (19/3).

Arsip Foto. Ruang isolasi Rumah Sakit Palang Merah Wuhan di Wuhan, Hubei, Tiongkok. (China Daily via REUTERS)
Arsip Foto. Ruang isolasi Rumah Sakit Palang Merah Wuhan di Wuhan, Hubei, Tiongkok. (China Daily via REUTERS)

Totok menjelaskan bahwa pertimbangan menggunakan pesawat militer dalam hal ini adalah mengingat situasi saat ini yang perlu penanganan yang cepat dengan pertimbangan kesalamatan rakyat Indonesia.

Baca Juga:

Persentase Korban Meninggal Akibat Corona di Indonesia Dinilai Cukup Tinggi

Selain itu, penggunaan pesawat militer yang berarti hubungan G to G akan mempermudah proses.

"Ini adalah misi kemanusiaan yang dituntut untuk tindakan yang cepat," jelas Totok.

Seperti diketahui, total per hari ini ada 25 pasien positif virus Corona (COVID-19) meninggal dunia. Bentang usia pasien yang meninggal mulai dari 45 hingga 65 tahun. Kasus WNI Positif corona juga melonjak dari 227 Jadi 309. (Knu)

Baca Juga:

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Kawasan Wisata Kota Tua Sepi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH