Pengamat Terorisme Nilai Penangkapan Eggi Sudjana dan Kivlan Zen Sebagai Blunder Besar Muhammad Sofyan Tsauri. (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Pengamat Terorisme, Sofyan Tsauri menilai penangkapan terhadap sejumlah aktivis dan ulama, seperti Eggi Sudjana dan Kivlan Zen merupakan langkah blunder yang dilakukan pemerintah.

Ia berpendapat, langkah tersebut dapat memicu para teroris untuk melakukan aksinya. Jadi, proses hukum terhadap dua terlapor kasus makar ini akan memantik masyarakat.

"Jadi memantik. Banyak orang kecewa, frustasi," kata Sofyan kepada Merahputih.com di Jakarta, Kamis (16/5).

Sofyan Tsauri mantan narapidana teroris (Foto: MP/Fadhli)
Sofyan Tsauri mantan narapidana teroris (Foto: MP/Fadhli)

Lebih lanjut Sofyan menjelaskan, seseorang terjun ke dunia terorisme karena tiga hal penting. Yakni faktor kecewa, ideologi, dan lingkungan.

"Lingkuna dan ideologi, lalu kekecewaan yang membuat dia menjadi patah hati," jelas Sofyan.

Penangkapan yang dianggap sebagai kriminalisasi ulama, lanjur Sofyan, akan membuat pemuda Islam menjadi frustasi.

"Menambah kebenciannya terhadap pemerintah. Kalau seperti itu, jika baca buku soal jihad, mati syahid, dan menyerang pemerintah yang tak pro hukum Allah, maka akan sangat nyambung," jelasnya.

Sofyan menganggap, kondisi sekarang membuka celah kepada orang untuk berpaham ekstrim.

"Ingat loh, berpaham ekstrim itu bertahap. Ada faktor kekecewaan dulu terhadap kondisi sekitar, kecewa terhadap kondisi negara dan lainnya. Lalu ada lingkungan yang mempengaruhi," terang Sofyan.

Sofyan meminta kepada para jihadis agar tak ikut-ikutan memancing suasana. Bahkan tak berada di garis depan.

"Kenapa, agar tak menjadi kambing hitam. Ini kan narasinya sudah 'teroris mengambil untung'. Kalau terjadi apa-apa, mereka yang disalahkan. Nanti dianggap merecoki hasil salah satu paslon. Kan gak enak," terang dia. (Knu)

Baca Juga: Pemuda dan Radikalisme di Mata Mantan Teroris


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH