Pengamat Terorisme: Isu People Power Berpotensi Undang Para Pelaku Teror Sofyan Tsauri mantan narapidana teroris (Foto: MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Isu people power yang digaungkan selama ini dinilai berpotensi untuk membangunkan para teroris. Hal itu diungkapkan oleh Pengamat Terorisme, Sofyan Tsauri.

Ia menilai, moment pengesahan pemenang Pemilu 2019 mendatang bisa menjadi ajang bagi para pelaku teror dalam melakukan aksinya. Apalagi, bakal ada gerakan people power yang bakal mengepung KPU.

"Apalagi ada orang yang kemungkinan kecewa. Ini sangat ditunggu bagi kalangan seperti JAD," kata Sofyan kepada Merahputih.com di Jakarta, Kamis (16/5).

Muhammad Sofyan Tsauri. (Foto: Ist)
Muhammad Sofyan Tsauri. (Foto: Ist)

Hal ini, lanjut Sofyan, diperkuat dengan adanya isu perlawanan jika ada yang kalah di Pemilu. "Kalau teroris melakukan aksi sebelum tanggal itu, berarti tak dapat momentum dong. Gak seru kalau dilakukan sekarang," terangnya.

Sofyan menilai, beberapa kelompok teror justru tak berafilliasi dengan kepentingan politik manapun, baik Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandi.

"Mereka sejak lama menyerukan golput dan anti demokrasi yang dianggap mereka syirik. Bahkan dalam banyak hal mereka kafirkan ulama yang berada di 02. Jadi memang nggak ada korelasi dan hubungannya," imbuh Sofyan.

Namun, mereka sangat diuntungkan jika terjadi chaos dan akan mengelolanya. "Seperti kesuksesan mereka mengelola konflik di Suriah dan Libya. Itu salah satu contoh dimana dalam kondisi chaos, mereka eksis di sana," jelas Sofyan.

"Justru, kalau kita kondisi aman dan damai, mereka malah tak punya kesempatan dan aksi. Beraksinya malah lone wolf yang tak jelas," terangnya.

Jika misi mereka berhasil, pihak lawan yang berseteru bakal mencari legalitas hukum, bahwa mereka berhak melawan.

"Mereka tak akan mendapatkan pemahaman itu di kelompok JAD. Nanti, orang akan bersimpati dengan JAD yang berpotensi menimbulkan kerawanan dan hingga menumbuhkan simpati," imbuh Sofyan. (Knu)

Baca Juga:


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH