Pengamat: Seharusnya Sandiaga Jujur Saat Debat

Thomas KukuhThomas Kukuh - Senin, 18 Maret 2019
Pengamat: Seharusnya Sandiaga Jujur Saat Debat
Sandiaga Uni (Ilustrasi: Nita/MP)

MerahPutih.com - Pengamat politik Indo Polling Network Wempy Hadir menilai cawapres KH Ma'ruf Amin lebih unggul dibanding Sandiaga Uno dalam debat yang digelar Minggu (17/3) malam. Salah satunya dalam hal pemberian gagasan. Menurut Wempy, Ma'ruf fokus pada isu yang sedang dibahas dan memudahkan para penonton untuk memahamimya.

"Sementara Sandi melakukan hal yang yang menurut saya keliru yakni dengan mengangkat berulang kali tentang OK OCE,” kata Wempy kepada Merahputih.com di Jakarta, Senin (18/7/2019).

Wempy menganggap, OK OCE belum berhasil. Bahkan di luar dari tergat yang hendak dicapai. Sementara awalnya mereka menjanjikan kepada publik bahwa akan diurus semua, tapi faktanya berbeda. “Menurut saya hal ini yang membuat kepercayaan publik terhadap Sandi berkurang,” terang dia.

Apalagi dalam debat itu, Sandi terus mengemukakan akan membawa OK OCE ke nasional. Menurut Wempy, sejak Sandi terpilih menjadi wakil gubernur DKI Jakarta program OK OCE tidak berjalan maksimal. Bahkan bisa dikatakan gagal. "Misalnya target OK OCE akan menciptakan 40.000 wirausaha, tapi hanya 1.000 yang mengurus ijin dan hanya 150 yang mendapatkan ijin. Sementara dalam kampanye Pilgub DKI Jakarta, Anies-Sandi siap membantu perizinan, kemudian akan membantu mencarikan modal dan dan pembeli, tertapi ternyata faktanya tidak," terangnya.

Wempy mengatakan, sangat berbahaya ketika Sandi menawarkan OK OCE sebagai program nasional, sebab akan menemukan kegagalan yang baru. "Sandi mestinya jujur untuk mengatakan bahwa OK OCE di DKI Jakarta tidak berjalan. Dulu ada OK TRIP, namun tidak lama kemudian diganti lagi dengan Jak Lingko. Ini bukti bahwa tidak ada konsistensi antara perkataan dan tindakan," jelas dia.

Wempy menganggap, program itu tentu akan berdampak terhadap elektabilitas pasangan capres tersebut. “Sementara itu Ma'ruf banyak memberikan tawaran program yang bisa menarik dukungan dari pemilih yang belum menentukan pilihannya," pungkasnya. (Knu)

#Debat Capres-cawapres #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan