Pengamat Sebut Wapres Ma'ruf Amin Tak Sekuat JK Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/HO-Asdep Komunikasi dan Informasi Publik Setwapres)

MerahPutih.com - Pengamat politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Marianus Kleden mengatakan bahwa Wapres Ma'ruf Amin tidak seperti Jusuf Kalla yang mempunyai power besar dalam bidang ekonomi dan politik.

"Kiai Haji Ma’ruf Amin tidak seperti JK yang punya power besar dalam ekonomi dan politik, sehingga sumbangannya untuk bangsa dan negara juga tidak signifikan," kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unwira ini, dikutip Antara.

Baca Juga:

PA 212 Duga Wahyu Setiawan Ikut 'Bermain' Menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin

Menurut dia, seorang kepala negara atau wakil kepala negara harus mempunyai kemampuan plus di bidang ekonomi makro, di bidang hankam, dan sosial politik.

Dia mengatakan, negara harus berjalan di atas ekonomi yang kuat untuk bisa membiayai seluruh belanja penyelenggaraan pemerintahan. Ekonomi lemah membuat negara gagal.

Akademisi dari Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Dr Marianus Kleden. (ANTARA FOTO/HO-Dok)
Akademisi dari Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, Dr Marianus Kleden. (ANTARA FOTO/HO-Dok)

Hankam penting karena negara perlu dijaga keamanannya secara ke dalam dan ke luar, dan sosial politik penting karena menjadi satu-satunya jalan menuju kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan.

Menurut dia, Kiai Haji Ma'ruf Amin mempunyai pengalaman sosial politik sebagai anggota DPRD Jakarta dari PPP 77-82 dan anggota DPR 1999-2004 dari PKB. Selanjutnya menjadi anggota Wantimpres.

Baca Juga:

Ma'ruf Amin Enggak Pernah Bilang Masjid Bakal Dijaga dan Diawasi Polisi

Dari pengalaman, Ma'ruf Amin hanya memiliki 1/3 dari pengetahuan, dan pengalaman yang dibutuhkan untuk berada di puncak kekuasaan.

Dia mengatakan, Suharto memiliki ketiganya dan menjadi Presiden paling lama dan paling powerful.

Susilo Bambang Yudhoyono memiliki ketiganya sehingga bisa dua periode, dan Jokowi sebagai petahana mempelajari dan memiliki ketiganya sehingga bisa dua periode.

"Jadi memang Ma'ruf Amin tidak seperti Jusuf Kalla yang memiliki power besar dalam ekonomi dan politik," katanya menambahkan. (*)

Baca Juga:

PDIP Minta Hak Konstitusional Keluarga Jokowi dan Anak Ma'ruf Amin Tak Dikebiri


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH