Pengamat Sebut Anies dan Prabowo Jadi Kriteria Capres Jokowi di Pilpres 2024

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 16 Mei 2023
Pengamat Sebut Anies dan Prabowo Jadi Kriteria Capres Jokowi di Pilpres 2024
Bakal Calon Presiden RI Anies Baswedan Caleg Milenial PKS di kediaman. Foto: Humas PKS

MerahPutih.com - Kriteria calon presiden (Capres) yang dikemukakan Presiden Joko Widoso (Jokowi) ketika Musyawarah Rakyat (Musra) Relawan di Jakarta mengarah pada sosok Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan, keduanya masuk dalam kriteria Jokowi karena setidaknya Anies dan Prabowo merupakan dua sosok yang pemberani.

Baca Juga:

NasDem Buka Peluang Orang Terdekat Jokowi Jadi Cawapres Anies Baswedan

Sebab, menurut dia, Anies semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta berani membatalkan reklamasi teluk Jakarta.

"Padahal pengembang reklamasi itu orang-orang berpengaruh secara kapital. Bahkan orang di belakang pengembang reklamasi orang-orang yang sangat berpengaruh di negeri ini," tuturnya.

Anies tidak peduli dengan semua itu, meskipun reklamasi dipegang oleh orang-orang kuat negeri ini. Anies dengan percaya diri tetap menganulir reklamasi tersebut.

Hal yang sama juga dimiliki Prabowo. Ketua Umum Gerindra berani mengambil keputusan meskipun itu berseberangan dengan mayoritas pendukungnya.

Baca Juga:

Anies Sebut Jokowi Sibuk Bangun Infrastruktur tapi Minim Peningkatan Kualitas SDM

"Di dunia internasional, Anies dan Prabowo juga cukup dikenal. Karena itu, dua sosok ini punya kapasitas dan koneksitas dalam menangani ketidakpastian global," papar dia.

Terlebih kata Jamiluddin, Anies dan Prabowo juga cukup dekat dengan rakyat. Hanya saja kedekatan dua sosok ini dengan rakyat tidak sekedar formalitas dekat secara fisik. Mereka memang tidak terlalu intens blusukan, namun kebijakannya lebih pro ke rakyat.

Kapasitas Anies dan Prabowo juga sudah teruji mengurus negara. Keberhasilan Anies memimpin Jakarta tentu sulit dibantah. Hal yang sama juga pada Prabowo dalam memimpin kementeriannya. Hal itu mengindikasikan Anies dan Prabowo memiliki kepemimpinan yang kuat.

"Jadi, Anies dan Prabowo memenuhi semua kriteria yang disampaikan Jokowi. Hal itu juga tercermin dalam setiap hasil aurvei yang dirilis berbagai lembaga survei yang kredibel. Karena itu, dua sosok tersebut memang layak menjadi presiden di negeri ini," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Naik, Prabowo Stagnan, Anies Turun

#Anies Baswedan #Prabowo #Prabowo Subianto #Pilpres #Pilpres 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan