Pengamat Sarankan Anies Benahi Transportasi Umum Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana merevitalisasi trotoar yang berada di Jalan Kemang Raya dan Jalan Kemang I, Jakarta Selatan pada bulan Mei 2019 mendatang yang ramah untuk pejalan kaki.

Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga mengatakan, untuk penataan pendestrian trotoar Kemang lebih memperhatikan lebar jalan yang relatif sempit.

Nirwono
Pengamat Tata Kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga

Joga menyarankan agar pelebaran pendestrian Kemang yang akan dilebarkan 4 meter itu sebaiknya melibatkan pemilik bangunan di sepanjang Jalan Kemang. Karena lahan digunakan oleh pihak Pemprov DKI untuk penataan trotoar.

Tak hanya trotoar, Joga juga menyarankan agar Pemprov DKI membenahi moda transportasi umum yang melintas di wilayah Kemang.

"Perlu pengaturan atau rekayasa lalin satu arah secara optimal. Serta penataan ulang angkutan umum yang melintasi kawasan Kemang," ujar Joga saat dihubungi, Senin (15/4).

Ditambah lagi, kata dia, kawasan Elit Kemang itu merupakan salah satu destinasi wisata. Dengan begitu, diharapkan pendestrian trotoar itu mampu memajukan perekonomian ibu kota.

"Pada waktu-waktu tertentu misal Sabtu-Minggu ada car free day dengan berbagai festival untuk mengoptimalkan orang berjalan kaki di Kemang (sebagai tujuan wisata)," ungkapnya.

Anies
Anies Baswedan

Perlu diketahui, untuk biaya renovasi pedestrian di wilayah Jakarta Selatan menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI hingga mencapau Rp100 miliar.

Pengerjaan proyek pendestrian Kemang itu bakal dilakukan pada bulan Mei mendatang dan selesai hingga akhir tahun ini. (Asp).

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH