Pengamat Prediksi Surya Paloh Sedang Bangun Poros Baru Lawan Megawati Pengamat politik M Qodari menilai Surya Paloh sedang galang kekuatan untuk lawan Megawati (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Pengamat politik M Qodari menilai rivalitas antara Partai Nasdem dengan PDI Perjuangan sebagai sesama pendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) makin tinggi.

Menurut Qodari, PDIP terkesan memimpin koalisi tersendiri. Di sisi lain ada Nasdem yang juga bermanuver untuk menggalang kekuatan, termasuk dengan mendekati Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga:

Presiden Jokowi Ultimatum Kapolri untuk Segera Tuntaskan Kasus Novel

Qodari menambahkan, ada kemungkinan Surya Paloh akan terus bermanuver dengan menemui petinggi partai politik yang tak menjadi bagian pemerintahan Presiden Jokowi.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Sohibul Iman siap lawan Megawati
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

“Saya menduga Pak Paloh akan menjalin komunikasi dengan PKS, menyusul kemudian PAN dan diduga keras Partai Demokrat,” kata Qodari saat acara diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (2/11).

Ia menduga, manuver yang dilakukan para parpol seperti merapatnya Gerindra ke partai pendukung pemerintah dan Nasdem yang merapat ke partai opisisi diyakini untuk membuat koalisi dan poros baru di Pemilu 2024.

Qodari menerangkan bahwa manuver para elite politik Indonesia juga memiliki efek yang cukup bahaya di masyarakat karena berpotensi dapat membelah keutuhan bangsa.

"Saya kira elite politik Indonesia juga menyadari bahwa ternyata dinamika pemilu itu menjadi semacam dalam tanda kutip perang di dalam masyarakat yang begitu membelah," ujar Qodari.

Pengamat politik Hersubeno Arief menyebut, Nasdem memiliki power untuk menjadi partai pemimpin koalisi.

Ia mencontohkan posisi Nasdem yang berada di peringkat kelima.

"Nasdem yang tak memiliki basis massa kuat mampu melampau perolehan PKS dan Demokrat yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono. Ini membuktikan Nasdem memiliki peluang kuat minimal menembus tiga besar," kata Hersubeno.

Baca Juga:

Temui PKS, Surya Paloh Dianggap 'Ngambek' Politik

Sementara, Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya mengatakan, Surya Paloh akan kembali menggelar pertemuan dengan partai yang berada di luar pemerintahan.

Ia pun mengungkapkan, Surya Paloh akan bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada akhir bulan ini. "Saya sudah berkomunikasi dengan Mas Eddy Soeparno (Sekjen PAN), ini kami lagi sibuk, Nasdem masih menggelar hajatan kongres di pekan depan," pungkas Willy Aditya.(Knu)

Baca Juga:

Polisi Segera Periksa Ade Armando Terkait Penyebaran Meme 'Joker' Anies



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH