Pengamat Prediksi Prabowo Ajukan Keluarganya Sendiri Jadi Menteri Kabinet Jokowi Presiden Jokowi menerima Prabowo Subianto di Istana Negara (Foto: Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Pengamat Politik Ray Rangkuti memperkirakan Gerindra bakal mendapat 2-3 kursi di kabinet Joko Widodo (Jokowi). Namun, Ketua Umum Prabowo Subianto diprediksi bakal memprioritaskan keluarganya sendiri untuk mengisi jatah menteri.

"Pokoknya keluarga lah, atau yang dianggap keluarga," kata Ray, saat ditanya MerahPutih.com di kawasan Jakarta Timur, Rabu (14/10).

Baca Juga:

Gerindra Merapat, Kursi Menteri Partai Koalisi Jokowi Terancam Berkurang

Menurut Ray, ada beberapa nama keluarga Prabowo yang dikenal punya peran kuat di Gerindra adalah Rahayu Saraswati, Hashim Djojohadikusumo hingga Budisatrio Djiwandono. Kata dia, Prabowo bakal menugaskan keluarganya sendiri dengan tujuan mencari pewaris kekuasaan di Gerindra.

prabowo jokowi
Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Setkab

Baca Juga

Jadi Oposisi atau Koalisi, Prabowo: Kita Bekerja untuk Merah Putih

Ray mengakui kursi milik beberapa partai koalisi Jokowi sendiri kemungkinan akan dikurangi dengan masuknya Gerindra. "Mungkin kursi Nasdem akan dikurangi. Sehingga jatah Gerindra bisa 3 sampai 4 kursi," terang Ray.

Diakui Ray, peran dan rivalitas antara Jokowi dan Prabowo saat Pemilu 2019 lalu sama sekali tak menjadi halangan bagi Gerindra untuk bergabung. Ketika Gerindra bergabung, lanjut dia, Jokowi akan mendapatkan untung kekuatan di DPR yang lebih besar lagi dengan.

"Mereka melakukan penyeimbangan. Ada dua blok koalisi Jokowi. Blok parlemen dan nonparlemen. Blok parlemen itu Gerindra dan PDIP, lalu blok nonparlemen itu Nasdem dan lainnya termasuk PSI. Mereka lagi kubu-kubuan gitu," tutup pengamat politik itu. (Knu)

Baca Juga

Rajin Sowan ke Tokoh Elit Koalisi Jokowi, Prabowo Dicap Ngebet Minta Jatah Menteri


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH