Pengamat: Parpol KIH Biang Reshuffle Jilid II

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 05 November 2015
Pengamat: Parpol KIH Biang Reshuffle Jilid II
Reshuffle Menteri engucapkan sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/kye/15)

Merahputih Politik - Mencuatnya isu reshuffle kabinet jilid II diyakini sebagian khalayak umum bukan dominan karena kinerja kabinet yang kurang lincah mengatasi persolan bangsa, melainkan menguatnya dorongan partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"Saya kira dorongan parpol lebih kencang ketimbang hal lain untuk melakukan reshuffle kabinet," kata pengamat politik, Jerry Sumampouw kepada Merahputih.com, Kamis (5/11).

Menurutnya pertukaran kursi menteri yang disebut reshuffle jilid II sangat kuat dengan aroma bagi-bagi kue kekuasaan. Dia menilai reshufle kali ini sangat kuat didorong oleh parpol koalisi KIH.

"Dorongan politik sangat kuat, kalau sudah begitu kinerja tidak lagi jadi patokan," ujar Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) Jerry Sumampouw.

Apalagi ada indikasi bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam tubuh pemerintahan menjadikan sinyalemen reshuffle kabinet sangat kental dengan dorongan parpol.

"Ya bergabungnya PAN tentu tidak dengan sukarela, Parpol meminta masuk kabinet." papar pengamat kepemiluan ini.

Meski begitu, tetap saja pertukaran menteri berada di tangan Presiden.

"Dorongan kuat, pilihan tetap ditangan presiden, saya berharap reshuffle menambah baik kinerja bukan sebaliknya." kata pengamat yang juga menjabat Sekretaris Eksekutif bidang Diakonia PGI ini. 

Nah, kalau ditukar terus, tentunya implementasi dari program pemerintah akan mengalami pendekatan baru dari seorang menteri.

"Kabinet sebetulnya tidak terlalu baik untuk ditukar-tukar, sebab tidak gampang mengimplementasi sebuah program," tuntas Jerry Sumampouw. (Fdi)

Baca Juga:

  1. PPP Akui Bahas Reshuffle Kabinet dalam Pertemuan KIH
  2. Fuad Bawazier: Reshuffle Jilid II Hanya Bagi-Bagi Jabatan
  3. Isu Reshuffle Jilid II, PDIP Siapkan Calon
  4. Reshuffle Jilid II, Jokowi Bakal Pecat HM Prasetyo?
  5. Satu Tahun Jokowi-JK, Isu Reshuffle Jilid Dua Kembali Menguat
#Jerry Sumampouw #Kabinet Jokowi-JK #Liputan Khusus #Pengamat Politik #Reshuffle Kabinet
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan