Pengamat Nilai Tokoh-Tokoh Indonesia Timur Harus Diakomodir Masuk Kabinet Foto resmi Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin

Merahputih.com - Pengamat Politik Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara (Malut), Nurdin Muhammad berharap ada perwakilan dari tokoh-tokoh asal Indonesia Timur di kabinet kerja jilid II Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kami melihat, ada tokoh dari Indonesia Timur harus diakomodir, karena Menteri harus berpengalaman dalam mengelola negara," ujar Nurdin, Selasa (22/10).

Baca Juga:

Sukseskan Pak Jokowi, Saatnya bersatu

Tokoh-tokoh itu antara lain Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang menurutnya memiliki prestasi tingkat nasional.

Sementara dari Maluku Utara ada tokoh muda seperti Taufik Madjid yang kini menjadi Dirjen di Kementerian Desa.

Joko Widodo melambaikan tangan kepada para pendukungnya di GBK
Jokowi melambaikan tangannya kepada para pendukung dalam kampanye akbar di Gelora Bung Karno (foto: antaranews)

Selain itu, ia juga meminta agar komposisi Kabinet memprioritaskan kalangan profesional dan berpengalaman dalam mengelola negara.

"Saya berharap Kabinet Jokowi kalangan profesional lebih banyak dan jangan memilih tokoh-tokoh dianggap kontroversi dan harus mengakomodir tokoh pemersatu bangsa," kata Nurdin yang juga Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Maluku Utara tersebut.

Baca Juga:

PR Berat Jokowi

Menurut dia, masyarakat tentunya memiliki harapan yang besar dengan adanya kabinet baru ini bisa mengaplikasikan visi-misi dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Karena ada isu resesi ekonomi dan ekonomi global terutama tokoh yang mengisi posisi Menteri di bidang Ekonomi harus memiliki kemampuan manajerial dan pengalaman, sehingga bisa mengantisipasi adanya turbulensi serta gejolak ekonomi. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH