Pengamat Nilai Ada Kejanggalan PKS Loloskan Ahmad Syaikhu Jadi Cawagub DKI Ahmad Syaikhu. Foto: MP/Mauritz

MerahPutih.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra telah resmi memunculkan dua nama calon Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta pendamping Gubernur Anies Baswedan di Pemprov DKI Jakarta. Keduanya yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Menurut Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, ada kejanggalan bila tim panelis meloloskan Syaikhu menjadi cawagub DKI Jakarta.

Mantan Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu

Sebab, sambung Ujang, Syaikhu yang gagal di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2018 lalu harus bersaing menduduki kursi DKI 2. Di Pilkada tahun lalu saja masyarakat Jawa Barat tak memilih dirinya.

"Ini persoalan kita, ketika Syaikhu nggak jadi wagub Jabar maka geser lah ke Jakarta. Ini persoalan, masyarakat Jabar aja tidak memilih tapi di Jakarta diloloskan. Ini sesuatu yang janggal bagi kita," kata Ujang saat dihubungi, Selasa (12/2).

Namun memang, kata dia, itu merupakan hak PKS yang memilih Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto untuk ikut bersaing menggantikan Sandiaga Uno.

"Tapi bagi saya sesuatu yang aneh saja ketika sudah gagal ya kasih kesempatan yang lain lah," tutupnya

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum DPW PKS Syakir Purnomo menyampaikan dua cawagub yang direkomendasikan ke awak media. Ia mengatakan Tim panelis fit and proper test merekomedasikan dua nama tersebut yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat nomor urut tiga Sudrajat (tengah)-Ahmad Syaikhu (kedua kanan) saat jumpa pers hasil hitung cepat lembaga survei Pilgub Jawa Barat 2018. Foto: ANTARA

Menurut dia, direkomendasikannya Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu oleh tim panelis sudah melalui berbagai proses pertimbangan yang sangat matang.

"Bahwa dua nama yang akan disampaikan ke gubernur nanti insya Allah adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu," Jelas Syakir saat dihubungi Senin (11/2). (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH