Pengamat: Konser Putih Bersatu Ajang Pamer Dukungan Jokowi Jelang Pencoblosan

Merahputih.com - Ratusan ribu pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, beberapa waktu lalu memenuhi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta menghadiri Rapat Umum Rakyat Konser Putih Bersatu.

Kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf ini melibatkan lebih dari 500 artis nusantara, dengan ruang kebudayaan penuh kreasi dengan partisipasi aktif dari Slank, Addie MS, Bimbo, Ida Royani, Glenn Fredly, Sandy Sandoro, Yuni Shara, Inul, Iis Dahlia, Ruth Sahanaya, Tompi, Giring, Cak Lontong, dan banyak artis lainya.

Pengamat politik Karyono Wibowo menilai bahwa kampanye terbuka pasangan Jokowi-Ma'ruf di SUGBK hanya mempertegas bahwa dukungan terhadap Jokowi sangat banyak.

"Kampanye terbuka sekadar memberi keyakinan bahwa target perolehan suara 58 persen bisa tercapai," kata Karyono kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/4).

Menurut Direktur Indonesia Public Insitute ini, menilai, seluruh massa yang hadir merupakan massa murni tanpa bayaran. Sehingga tergolong pemilih loyal.

Capres nomor urut 01, Joko WIdodo saat kampanye akbar (MP/Rizki Fitrianto)

Kehadiran dan jumlah massa, kata karyono, memang menjadi sorotan publik. Bahkan, publik secara serampangan membuat kesimpulan besarnya massa yang hadir sebagai ukuran kemenangan.

Namun, bukan berarti besar atau kecilnya jumlah massa yang hadir tidak penting dalam kampanye.

"Tentu saja ada manfaatnya. Ada pengaruh psikologis, yaitu menjaga gengsi politik. Selain itu, jumlah massa yang besar bermanfaat untuk membangun atmosfir kemenangan dan bisa digunakan untuk mengukur militansi tim dan pendukung," kata dia. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH