Pengamat: Hak Prabowo Pergi ke Luar Negeri

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 29 Mei 2019
Pengamat: Hak Prabowo Pergi ke Luar Negeri
Prabowo dalam sejumlah kesempatan kunjungan di Tanah Air menggunakan jet pribadi (Foto: Tim Komunikasi Gerindra)

Merahputih.com - Kepergian Capres Prabowo Subianto ke luar negeri, mengundang tanda tanya publik. Pasalnya, ia dikabarkan pergi bersama beberapa warga negara asing di tengah panasnya situasi politik dan keamanan dalam negeri pasca Pilpres 2019.

Pengamat Intelijen Stanislaus Riyanta menilai kepergian Prabowo ini bukanlah suatu yang aneh.

BACA JUGA: Gerindra Beberkan Tujuan Prabowo Subianto Terbang ke Dubai

"Kepergian ini saya rasa tak perlu diributkan. Karena hak setiap orang untuk berpergian," kata Stanislaus kepada Merahputih.com di Jakarta, Rabu (29/5).

Prabowo sendiri juga tak memiliki masalah hukum yang membuatnya harus dicekal berpergian ke luar negeri. "Yang jadi masalah dia pergi karena ada pencekalan. Orang-orang asing itu gak ada masalah. Yang jadi masalah orang asing itu punya masalah hukum. Kan hal itu tak terjadi," jelas Stanislaus.

"Dia punya paspor, punya visa, menggunakan uang pribadi, jadi gak masalah. Itu hak dia untuk pergi," jelas Stanislaus.

Terkait dengan kepergian bersama sejumlah WNA, Stanislaus menganggap hal itu biasa saja. Karena, sosok Ketua Umum Gerindra ini memiliki pergaulan internasional yang luas. "Jadi dia pergi dengan warga negara manapun gak masalah. Mau itu kepentingan bisnis , relasi. Itu sah saja;" jelas mahasiswa Doktoral Universitas Indonesia ini.

Calon presiden Prabowo Subianto. Foto: Tim Media Prabowo-Sandi

Ia menganggap, hal ini terjadi karena masalah politik dalam negeri yang belum selesai. Stanislaus menilai, kepergian Prabowo menjadi ramai tak lepas dari sosok sentralnya saat ini.

"Apapun yang dilakukan pak Prabowo akan dicermati, dikritik oleh warga. Ini yang kurang pas. Kita boleh mengkritik kalau dia melakukan aktivitas politik. Karena politik itu menjadi tanggung jawab bersama. Kalau beliau menjalankan aktivitas pribadinya, saya kira sah saja," jelas dia.

BACA JUGA: Prabowo Terbang ke Dubai Bersama Warga Amerika dan Rusia, Ada Apa?

Soal ucapan Prabowo yang kerap menyuarakan anti asing namun pergi bersama orang asing, hal itu adalah konsukuensi dari ucapannya.

"Ketika kita kritik aktivitas pribadinya gak tepat. Kita harus berdewasa dalam berpolitik dalam menilai seseorang," imbuh Stanislaus. (Knu)

#Prabowo Subianto #Partai Gerindra
Bagikan
Bagikan