Pengamat: Genangan di Jakarta Karena Dinas SDA dengan LRT dan MRT Kurang Koordinasi Banjir di wilayah Jakarta Pusat (Foto: @BPBDJakarta)

MerahPutih.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) menyebut adanya genangan di Jakarta disebabkan oleh pembangunan kereta Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Rel Terpadu (LRT).

Menurut Pengamat Tata Kota, Nirwono Yoga, masalah itu terjadi karena tidak adanya koordinasi antara Kepala Dinas SDA, Teguh Hendarwan dengan kontraktor LRT dan MRT

"Kalau itu sudah pasti lebih karena kurang koordinasi antara kontraktor LRT dan MRT dengan dinas SDA," kata Yoga kepada MerahPutih.com, Jumat (25/1).

Kurangnya koordinasi itu, sambung dia, kontraktor dan Dinas SDA tidak membuat sistem saluran air. Sehingga bila terjadi intensitas curah hujan tinggi menyebabkan genangan karena tidak adanya sistem saluran air.

Banjir di wilayah Jakarta, Senin (11/12). (Foto: Twitter)
Banjir di wilayah Jakarta, Senin (11/12). (Foto: Twitter)

"Sistem saluran air nya tidak berkoordinasi sehingga saluran airnya tidak bekerja dengan baik sehingga saat hujan air tidak dapat mengalir lancar ke saluran air terdekat dan akibatnya terjadi genangan air," tuturnya

Sebelumnya, Kepala Dinas SDA, Teguh Hendarwan menjelaskan daerah mana saja yang mengalami genangan air hujan disebabkan oleh pengerjaan proyek LRT dan MRT.

"Mt Haryono, Segmen Pancoran, Kelapa Gading Boulevard Raya yang ada LRT itu. Pembangunan becakayu yang segmen di Panjaitan, Kawasan Itc Fatmawati, saya rasa itu lah gak terlalu banyak untuk sementara," kata dia. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH