Pengamat Duga Prabowo-Surya Paloh Bertemu Disuruh Jokowi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah).ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

MerahPutih.com - Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, atas inisiatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jokowi mungkin memerintahkan (Surya Paloh bertemu Prabowo)," kata Hendri kepada wartawan, Senin, (14/10).

Baca Juga

Jokowi Ditekan Poros Gondangdia dan Teuku Umar dalam Penyusunan Kabinet

Menurut pendiri Lembaga Survei Kedai Kopi ini pertemuan Prabowo dengan Surya Paloh merupakan langkah persiapan Gerindra untuk masuk barisan koalisi Jokowi.

"Langkah- angkah persiapan untuk masuk koalisi. Surya Paloh kan juga tokoh," ujar Hendri.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) usai melakukan pertemuan di kawasan Permata Hijau, Jakarta, Minggu (13/10). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj

Meski demikian, Hendri menegaskan, pertemuan dua tokoh yang pernah bertarung dalam Konvensi Partai Golkar pada 2004 silam itu merupakan hal biasa dalam politik.

"Saya kira biasa itu dalam politik," pungkas Hendri Satrio.

Sebelumnya Prabowo melalukan pertemuan dengan Paloh di kediaman pribadi Paloh, di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Minggu (13/10). malam.

Baca Juga

Tanggapan PKS Seusai Prabowo dan SBY Bertemu Jokowi

Dalam pertemuan itu, keduanya bersepakat untuk mendorong amendemen Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945) secara menyeluruh yang menyangkut tentang tata kelola negara Indonesia ke depannya.

Pertemuan kedua elit partai politik itu berlangsung selama dua jam. Prabowo turut didampingi oleh elite Partai Gerindra lainnya seperti Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo dalam pertemuan tersebut. (Pon)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH