Pengamat Duga Eks Anak Buah Jokowi Biarkan Ari Askhara Selundupkan Harley

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 07 Desember 2019
Pengamat Duga Eks Anak Buah Jokowi Biarkan Ari Askhara Selundupkan Harley
Mantan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Merahputih.com - Pengamat energi Ferdy Hasiman menyesalkan baru terungkapnya skandal penyelundupan barang-barang mewah yang diduga melibatkan mantan Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara.

Menurut Ferdy, apa yang dilakukan Ari Askhara itu sudah berlangsung lama sejak era mantan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Baca Juga:

IKAGI Bongkar Sejumlah Kebijakan Kontroversial Ari Askhara Saat Jadi Dirut Garuda

"Dia pernah bermasalah. Kalau Rini tegas harusnya dipecat karena pelanggaran etika. Rini membiarkan dirut yang bermasalah ini," kata Ferdy kepada Merahputih.com di Jakarta, Sabtu (7/12).

Peneliti Alpha Research Database ini melanjutkan, di era menteri sebelum Erick Thohir, perusahaan Garuda Indonesia memang dikenal kerap bermasalah.

Ia mencontohkan kasus dugaan korupsi mantan bos Garuda, Emirsyah Satar hingga korupsi penjualan saham yang melibatkan mantan politikus Demokrat, M Nazaruddin.

"Akibatnya terjadi bisnis sampingan. Sebelumnya Emir Satar juga terjerat bisnis mobil mewah. Garuda selalu menurun terus kinerjanya. Mereka tak bekerja dengan baik," sebut Ferdy.

Barang bukti diperlihatkan pada konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson di Kementerian Keuangan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Barang bukti diperlihatkan pada konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson di Kementerian Keuangan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Ferdy menjelaskan, KPK perlu turun tangan menelusuri pidana dalam penyelundupan mesin motor Harley ini. Mengingat kerugian negara mencapai miliyaran rupiah.

"Harus proses hukum. Kami harap KPK proses penegakan hukim jangan tebang pilih. Seperti kasus Emir Satar yang tak jelas. Jangan sampai di tangan penegakan hukum tebang pilih. Harus dibuka ke publik;" ungkap Ferdy.

Sementara itu, Ferdy berharap manajemen baru harus berbenah dan mengaudit ulang semua keungan yang bermasalah. "Terutama mengaudit ulang keungan yang bermasalah seperti hutang dan penyewaan pesawat yang bermasalah dan merugikan negara,"tutup Ferdy.

Baca Juga:

Kementerian BUMN Tunggu RUPS untuk Berhentikan Dirut Garuda

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan Ari Ashkara karena keterlibatannya dalam kasus penyelundupan komponen moge Harley-Davidson dan sepeda lipat Brompton via pesawat Garuda.

Keputusan ini diambil setelah penyelidikan lebih lanjut yang dilaksanakan oleh komite audit perusahaan. Selain itu, Dewan Komisaris Garuda juga telah mengirim surat kepada dirinya yang menekankan Integritas dan good corporate governance yang harus dilaksanakan. (Knu)

#Garuda Indonesia #Motor Harley Davidson
Bagikan
Bagikan