Pengamat Bocorkan Sosok Ketua Badan Otorita Ibu Kota Negara Pengamat kebijakan publik Trubus Rahadiansyah (Foto: fh.usakti.ac.id)

MerahPutih.Com - Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahadiansyah menilai, Basuki Tjahaja Purmama (Ahok) lebih memenuhi syarat pimpin Ibu Kota baru dibanding tiga kandidat lainnya.

Trubus menyebut, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) itu memiliki kapasitas, kapabilitas, punya track record yang baik dan serta berpengalaman memimpin ibu kota ne

gara.

Baca Juga:

Budiman Sudjatmiko Nilai Ahok Layak Jadi Kepala Otorita Ibu Kota Baru

"Karena yang penting itu pengalaman. Beliau punya pengalaman memimpin ibu kota negara, kemudian track recordnya baiklah, ia teruji. Orangnya punya kompetensi, kapabilitas, punya kapasitas untuk memimpin ibu kota negara. Pengalaman birokrasi dia cukup matang ya," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/3).

Ahok jadi calon kuat kepala badan otorita ibu kota baru
Calon kuat Kepala Otorita Ibu Kota Baru Ahok (kanan) bersama dengan Presiden Jokowi. (Foto: instagram.com/basukibtp)

"Mengingat pembangunan Ibu Kota Negara ini kan memang berat ya, berat dalam arti bahwa itu membutuhkan orang-orang yang kapabilitas dan kapasitas yang mumpuni ya, Ahok mempunyai itu," sambung Trubus.

Trubus menyebut Ahok mampu berkoordinasi dan bekerja sama dengan investor. Hal tersebut dibuktikan Ahok saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, dimana banyak pembangunan di ibu kota yang tidak menggunakan APBD.

"Persoalannya kan Ibu Kota Negara itu satunya adalah mengenai infrastruktur. Infrastruktur sendiri itu membutuhkan anggaran yang besar, anggaran yang besar itu bukan berasal dari APBN tapi dari investor. Nah beliau mampu berkoordinasi, bekerjasama dengan investor," jelas Trubus.

Trubus menegaskan bahwa Ahok sosok yang mumpuni sebagai Kepala Badan Otorita IKN. Apalagi, lanjutnya, Ahok juga memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi dan didukung oleh PDIP, sehingga peluang untuk memimpin ibu kota baru terbuka lebar.

"Ahok ini disamping punya pengalaman, dia punya kedekatan dengan Pak Presiden Jokowi sendiri. Karena Pak Jokowi tentu ingin orang dipercaya (pimpin IKN), berarti orang terdekat," ungkapnya.

"Kemudian Ahok juga mendapat dukungan politik yang kuat. Kita tahu Pak Ahok ini orang PDIP ya, partai penguasa jadi tentu sangat support," pungkas Trubus.

Baca Juga:

Ngabalin Anggap yang Tolak Ahok Jadi Kepala Otorita Ibu Kota Baru Tak Waras

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi empat nama calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur, salah satunya adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Sementara tiga nama lainnya, yakni Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, dan Dirut PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana.(Knu)

Baca Juga:

Ahok Jadi Kepala Otorita Ibu Kota Baru, Pengamat: Dia Tak Pandai Menata Kata-Kata



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH