Pengamat Beberkan Alasan NasDem Ngotot Minta Jatah Kursi Jaksa Agung Jaksa Agung HM Prasetyo. (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Pengamat politik Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan alasan Partai Nasional Demokrat (NasDem) "ngotot" incar posisi Jaksa Agung pada kabinet Indonesia Kerja milik Jokowi-Ma'ruf Amin.

Permintaan kursi Jaksa Agung sendiri terbukti mampu mendongkrak suara NasDem selama lima tahun terakhir, sejak Jokowi-Jusuf Kalla berkuasa pada 2014-2019 lalu.

Pengamat politik Voxpol, Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago
Pengamat politik Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago

"Sudah pasti kursi Jaksa Agung adalah salah satu dari 11 jatah Menteri yang diinginkan oleh NasDem pada kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Kenapa NasDem ngoton sekali karena dia tahu ini posisi penting buat partainya kelak," kata Pangi Syarwi di Jakarta, Sabtu (6/7)

BACA JUGA: NasDem tak Sudi Partai Pengusung Prabowo Merapat ke Koalisi Jokowi

Pangi menuturkan bahwa jabatan Jaksa Agung memiliki peran penting bagi pembentukan NasDem di daerah-daerah. Hal ini karena Jaksa Agung memiliki trade record dari sejumlah kepala daerah yang bermasalah hukum.

"Jaksa Agung itu tentu saja memiliki raport merah dari kepala daerah maupun pelosok. Ini tentu saja berpengaruh pada kenapa Nasdem kursinya naik," ujarnya

Pangi menambahkan dari sejumlah fakta yang dia pelajari ini menyebabkan mengapa kursi NasDem mengalami kenaikan yang signifikan.

BACA JUGA: Setuju Demokrat Bergabung 01, Nasdem: Mereka Tak Pernah Sebar Hoaks dan SARA

"Setelah saya pelajari kenapa NasDem kursinya naik? Banyak kepala daerah bermasalah secara hukum. Tapi mereka merapat ke NasDem kemudian jadi kepala daerah. Itu berhasil membawa NasDem 'leading' di papan atas sekarang," ucap Pangi.

Seperti diketahui sebelumnya, NasDem mencetuskan meminta adanya 11 jatah Menteri untuk partainya. Ke-11 Menteri tersebut termasuk di dalamnya adalah posisi Jaksa Agung yang saat ini dipegang oleh salah satu kadernya HM. Prasetyo.

Jaksa Agung, H.M. Prasetyo

BACA JUGA: NasDem Sindir PKB Minta Jatah Kursi 10 Menteri

Isu soal adanya jatah 11 Menteri ini sudah disepakati oleh semua pejabat teras NasDem mulai dari pucuk pimpinan Surya Paloh sampai ke pejabat NasDem lain. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH