Pengamanan KTT ASEAN Labuan Bajo Libatkan 12 Ribu Aparat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 06 Mei 2023
Pengamanan KTT ASEAN Labuan Bajo Libatkan 12 Ribu Aparat
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Kepolisian RI (Polri) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bekerja sama mengantisipasi terjadinya serangan siber pada saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9 hingga 12 Mei mendatang.

Asisten Operasi Kapolri (Asops) Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy memaparkan, Polri menyiapkan satuan tugas (satgas) khusus untuk mengantisipasi kemungkinan serangan siber tersebut.

Baca Juga:

Masyarakat Manggarai Barat Dukung Suksesi KTT ASEAN ke-42

"Terkait potensi gangguan yang bisa muncul di ranah siber, kami juga bersama BSSN menyelenggarakan upaya pengamanannya," ujar Agung.

Pengamanan di wilayah siber itu dilakukan dengan konfigurasi terintegrasi bersama BSSN, Polri, intel BIN, dan intel TNI. "Ini menjadi dinamika yang akan terus kami kolaborasikan dan padukan satu sama lain," ucapnya.

Menurut Agung, aspek keamanan bukan hanya apa yang terlihat, tapi ada juga yang tidak terlihat salah satunya seperti serangan siber.

"Antisipasi (serangan siber) ini terus kami kelola bersama BSSN agar kemudian semua kegiatan KTT tidak ada gangguan siber. Ini kami lakukan persiapan dan langkah-langkahnya," tutur Agung.

Jumat (5/5) Polri resmi melaksanakan operasi terpusat dengan sandi “Komodo 2023” hingga 12 Mei 2023. Total ada delapan satgas yang bekerja dalam operasi tersebut, yakni Satgas Preemtif, Preventif, Walrolakir, Tindak, Gakkum, Anti Teror, Humas, dan Banops. Delapan satgas tersebut dipimpin jenderal bintang satu.

Satgas Preemtif nantinya akan dipimpin oleh Dirkamsus Baintelkam. Kemudian Satgas Preventif dipimpin oleh Dirsabhara Baharkam Polri. Lalu Satgas Walrolakir dipimpin Dirgakkum Korlantas.

Selanjutnya Satgas Tindak dipimpin oleh Danpas II Korbrimob. Satgas Gakkum dipimpin oleh Dirsiber Bareskrim. Satgas Anti Teror dipimpin langsung Dirtindak Densus 88 Antiteror, Satgas Humas dipimpin Karopenmas Divisi Humas dan Satgas Banops dipimpin Karo Tekkom Div TIK Polri.

TNI-Polri mengerahkan 12 ribu personel untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mulai tanggal 7 Mei sampai 13 Mei 2023.

"Ada 12 ribu personel baik dari TNI dan Polri," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

TNI dan Polri telah melakukan apel gelar pasukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit.

Dalam apel gelar pasukan itu, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan pemeriksaan personel dan alutsista yang akan digunakan dalam pengamanan KTT ke-42 ASEAN nanti.

Dua petinggi TNI dan Polri itu melakukan pengecekan kurang lebih 30 menit dan berbincang dengan para personel di satuan tugas masing-masing.

Panglima TNI Yudo mengatakan para personel telah dibagi ke dalam tugas dan tempat tugas masing-masing.

Pihak TNI dan Polri pun berkolaborasi dengan BNPT, BSSN, BIN, dan pemangku kepentingan di daerah untuk menjalankan tugas pengamanan tersebut.

"Dengan kesiapan semua ini, kita antisipasi semua kemungkinan ancaman dari luar dan dalam," ucapnya. (Knu)

Baca Juga:

Polisi Jalankan Pola Pengamanan KTT ASEAN Seperti KTT G20

#Labuan Bajo #KTT ASEAN
Bagikan
Bagikan