Pengamanan di Solo Bakal Diperketat Jelang Semifinal Piala Dunia U-17

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 26 November 2023
Pengamanan di Solo Bakal Diperketat Jelang Semifinal Piala Dunia U-17
Stadion Manahan Solo menjadi venue Piala Dunia U-17. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Polda Jawa Tengah meningkatkan mekanisme pengamanan jelang semifinal Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah.

Wakil Kepala Satgas Pamwil Jateng Operasi Aman Bacuya Kombes Dwi Subagio menuturkan, titik peningkatan pengaman berlangsung di semua sisi.

Baca Juga:

Piala Dunia U-17 Tarik 4,5 Juta Wisatawan Berkunjung ke Solo

Langkah tersebut dilakukan karena diperkirakan jumlah penonton pada semifinal dan final nanti diprediksi akan meningkat.

"Kami terus monitor (jumlah penonton). Meningkat sekali. Pada saat semifinal nanti informasinya tiket- tiket sudah banyak terjual. Hampir memenuhi stadion ini (Manahan Solo)," ujar dia di Solo, Sabtu (25/11).

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Satake Bayu Setianto juga telah menyatakan peningkatan pengamanan dilakukan mulai dari lokasi pertandingan hingga hotel penginapan. Pengamanan dilakukan menggunakan tiga lapis zona pengamanan.

Sejumlah 4.515 personel disiagakan Polda Jateng, terdiri dari personel gabungan Polri dan TNI

“Secara terperinci, personel yang disiagakan terdiri dari 963 personel pengamanan dari Satker Mapolda Jateng, 3.141 personel dari polres jajaran dan 500 personel dari TNI,” jelas dia.

Sejumlah unit taktis pun turut diterjunkan dalam kegiatan pengamanan di antaranya Unit K-9 dari Tim Polsatwa, Jibom dan Jihandak dari Gegana, PHH dan Anti Drone dari Satbrimob, serta Tim Cyber dari Satgas Gakkum.

Baca Juga:

UMK Solo 2024 Diprediksi Tidak Naik Lebih dari Rp 100 Ribu

“Untuk pengamanan Zona I (di dalam Stadion) mengedepankan fungsi dan peran dari Steward yang dikendalikan oleh FIFA. Pelibatan personel Polri dilaksanakan sesuai dengan ekskalasi ancaman dan permintaan dari Safety dan Security Officer,” jelasnya.

Sedangkan pengamanan di Zona II (sekitar kawasan stadion) dan Zona 3 (luar kawasan stadion), katanya menjadi tanggung jawab Polri yang diback up oleh petugas lain yang terkait.

Pengendalian kegiatan pengamanan akan dilakukan melalui 2 Posko Taktis di Ruang RTMC Polresta Solo dan di Stadion Manahan.

Selain itu juga disiapkan Posko Utama di Ruang MCC Biro Operasi Mapolda Jateng.

Polda Jateng juga menyiagakan ratusan CCTV di beberapa titik di seluruh penjuru Kota Solo dan terintegrasi di Posko Taktis RTMC di Mako Polresta Solo. (Knu)

Baca Juga:

Bawaslu Kota Solo Tertibkan Ratusan APK karena Langgar Aturan

#Piala Dunia #Polda Jawa Tengah
Bagikan
Bagikan