Pengalaman Warga di saat Krisis Oksigen, Varian Delta Perlu Terus Diwaspadai Oksigen medis. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Data resmi pemerintah menunjukkan kasus COVID-19 terus menurun. Walau demikian, varian delta perlu terus diwaspadai selagi vaksinasi COVID-19 belum menjangkau semua lapisan masyarakat. Keganasan varian delta terlihat antara Juni – Juli kemarin, di mana banyak pasien yang terserang sistem pernapasannya.

Keganasan varian delta juga dirasakan warga Jawa Barat. Hampir semua pasien mengalami sesak napas dan membutuhkan oksigen medis. Wabah ini kemudian mengoyak persediaan oksigen medis. Kelangkaan udara buatan ini terjadi di mana-mana, tak terkecuali di rumah sakit.

Baca Juga:

RS Husada Jakpus Terima Hibah Oksigen Generator

Sementara rumah sakit kewalahan. Akhirnya banyak pasien yang memilih isolasi mandiri (isoman). Lia Nurhayati, salah seorang warga mengakui pada pekan pertama bulan Juli lalu keluarganya menjalankan isoman termasuk dirinya sendiri. Saat itu, kondisi kakaknya sangat mengkhawatirkan karena mengalami sesak napas.

Di tengah kepanikan, Lia berusaha mencarikan oksigen melalui informasi yang beredar terkait tempat pengisian ulang oksigen. Sayangnya, tempat-tempat pengisian oksigen yang dia cari mengalami kekosongan oksigen.

"Saya sampai bilang ke semua teman, saudara-saudara barangkali ada informasi di mana saya beli oksigen saya tunggu informasinya. Akhirnya sehari kemudian saya mendapatkan itu dari temen, saya dapat dua tabung dan kakak saya yang awalnya hampir di bawa ke RS karena saturasi oksigen menurun dapat terselamatkan,” ucap dia pada peluncurkan Poskibar dan OMAT di acara TEPAS (Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat) Vol 9 secara daring.

Diakui Lia, saat itu dia sangat khawatir, takut ada terjadi perburukan keadaan. Pasalnya, saat itu tingkat kematian warga isoman cukup tinggi karena telat penanganan ketika alami gangguan pernapasan.

Sementara itu, jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalankan isolasi mandiri (isoman) di Jawa Barat (Jabar) saat ini kurang lebih 40.000 orang per 21/8. Untuk melayani kebutuhan oksigen medis bagi pasien isoman, Pemda Provinsi Jabar meluncurkan OMAT (Oksigen untuk Masyarakat Jabar).

Melalui Omat, masyarakat bisa dengan simpel dan cepat mendapatkan oksigen ketika membutuhkan, meminjamkan atau mendonasikan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Urusan antar – jemput gratis ditanggung Pemda Provinsi Jawa Barat.

Fitur OMAT merupakan fitur tambahan pada Pikobar guna menggalang partisipasi warga untuk meminjamkan tabung oksigen kepada masyarakat Jawa Barat yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman).

Ketua Poskibar Mohammad Taufiq Budi Santoso menuturkan, fitur OMAT ini nantinya akan mempertemukan masyarakat pemilik tabung oksigen untuk meminjamkan tabung oksigen dengan pasien isoman yang membutuhkan.

"Tentunya, hal ini sangat baik di mana wargi Jabar dapat saling bantu di masa yang sulit seperti ini," ucap Taufiq.

Selain peluncuran, salah satu agenda lainnya adalah pemberian sertifikat kepada para donatur pemberi bantuan kepada Pemda Jawa Barat yang berupa tabung oksigen, regulator oksigen dan juga oxygen concentrator oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja selaku Pengarah Poskibar.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemda Provinsi Jabar terhadap para donatur dalam upaya kolaborasi untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen di Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. (Humas Jabar)
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. (Humas Jabar)

"Penanganan Covid-19 khususnya di Jawa Barat harus dilakukan secara kolaboratif. Saya sangat mengapresiasi kolaborasi para donatur dengan Pemda Provinsi Jawa Barat. Semoga kita bersama-sama dapat melawan pandemic Covid-19 ini," kata Setiawan.

Para donatur penerima penghargaan tersebut di antaranya yaitu Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia Jawa Barat, GoTo, PT. Amerta Indah Otsuka, PT. Shell Indonesia, PT. Mitsui Indonesia, PT. Star Energy Group, PT. SCG Siam Cement Group dan perusahaan e-commerce PT. Shopee International Indonesia.

Selain agenda pemberian sertifikat, acara ini diisi dengan penyampaian aspirasi penerima manfaat di antaranya oleh perwakilan dari masyarakat isoman, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumatera Selatan, Pemda Provinsi Jawa Tengah, RSUD Al-Ihsan sebagai perwakilan rumah sakit, dan Pemerintah Kota Bandung. Sebelum peluncuran aplikasi Poskibar dan fitur OMAT, Pemda Provinsi Jabar telah melakukan uji coba serta sosialisasi penggunaan aplikasi kepada rumah sakit, produsen, serta distributor/agen. Hadirnya aplikasi Poskibar dan fitur OMAT diharapkan dapat menjadi terobosan untuk antisipasi di masa yang akan datang. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Bantuan Tabung Oksigen dan Sembako untuk Penanganan COVID-19 di Karawang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
PSI kritik Anies soal SIKM, Begini Respon Wagub DKI
Indonesia
PSI kritik Anies soal SIKM, Begini Respon Wagub DKI

"Sudah ada kan sudah lama diperjelaskan disosialisasikan, sudah dijelaskan lama," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jumat (7/5).

Komunikasi Pemerintah Soal COVID-19 Minta Diperjelas
Indonesia
Komunikasi Pemerintah Soal COVID-19 Minta Diperjelas

Ia kemudian menuntut soal pertanggungjawaban tentang khasiat dan dampak vaksin yang akan terjadi di masyarakat

Pemkot Surabaya Akui Banyak Kematian Tidak Terdata Sebagai Pasien COVID-19
Indonesia
Pemkot Surabaya Akui Banyak Kematian Tidak Terdata Sebagai Pasien COVID-19

Orang meninggal dan yang terdata terpapar virus corona atau COVID-19 sedikit. Namun, yang meninggal dan dilakukan pemakaman sesuai protokol penanganan jenazah COVID-19 sangat tinggi.

Percepat Sertifikasi N219, PT DI Gunakan 2 Prototype
Indonesia
Percepat Sertifikasi N219, PT DI Gunakan 2 Prototype

Proses sertifikasi pesawat terbang N219 diantaranya meliputi pemeriksaan technical documents, ground test, flight test, dan conformity process.

Maklumat Polri soal FPI Dianggap Batasi Hak Warga
Indonesia
Maklumat Polri soal FPI Dianggap Batasi Hak Warga

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan, hak mendapat Informasi bagian dari HAM yang dilindungi UUD 1945.

Pemprov DKI Diminta Lebih Perhatian ke Tenaga Kesehatan
Indonesia
Pemprov DKI Diminta Lebih Perhatian ke Tenaga Kesehatan

Tekanan tenaga kesehatan akibat penumpukan pasien di ruang gawat darurat harus diantisipasi

Anak Ahok Polisikan Balik Ayu Thalia
Indonesia
Anak Ahok Polisikan Balik Ayu Thalia

Anak Komisaris PT Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok), Nicholas Sean Purnama melaporkan balik seleb Ayu Thalia atas tudingan pencemaran nama baik.

KPK Dalami Aliran Duit Suap Benur Ke Perusahaan Edhy Prabowo
Indonesia
KPK Dalami Aliran Duit Suap Benur Ke Perusahaan Edhy Prabowo

Didalami pengetahuannya terkait dengan dugaan pembelian material untuk pembangunan rumah Tsk EP

Syarief Hasan Sebut Moeldoko Tidak Punya Hak Pakai Atribut Demokrat
Indonesia
Syarief Hasan Sebut Moeldoko Tidak Punya Hak Pakai Atribut Demokrat

Moeldoko tidak punya hak dan legalitas memakai atribut partai berlambang mercy tersebut.

Tarif PPh 35 Persen Bagi Berpendapatan Rp 5 Miliar Berikan Keadilan
Indonesia
Tarif PPh 35 Persen Bagi Berpendapatan Rp 5 Miliar Berikan Keadilan

Pajak dari golongan tersebut nantinya akan memperbaiki postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta memperlebar ruang fiskal.