Pengalaman Warga di saat Krisis Oksigen, Varian Delta Perlu Terus Diwaspadai Oksigen medis. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Data resmi pemerintah menunjukkan kasus COVID-19 terus menurun. Walau demikian, varian delta perlu terus diwaspadai selagi vaksinasi COVID-19 belum menjangkau semua lapisan masyarakat. Keganasan varian delta terlihat antara Juni – Juli kemarin, di mana banyak pasien yang terserang sistem pernapasannya.

Keganasan varian delta juga dirasakan warga Jawa Barat. Hampir semua pasien mengalami sesak napas dan membutuhkan oksigen medis. Wabah ini kemudian mengoyak persediaan oksigen medis. Kelangkaan udara buatan ini terjadi di mana-mana, tak terkecuali di rumah sakit.

Baca Juga:

RS Husada Jakpus Terima Hibah Oksigen Generator

Sementara rumah sakit kewalahan. Akhirnya banyak pasien yang memilih isolasi mandiri (isoman). Lia Nurhayati, salah seorang warga mengakui pada pekan pertama bulan Juli lalu keluarganya menjalankan isoman termasuk dirinya sendiri. Saat itu, kondisi kakaknya sangat mengkhawatirkan karena mengalami sesak napas.

Di tengah kepanikan, Lia berusaha mencarikan oksigen melalui informasi yang beredar terkait tempat pengisian ulang oksigen. Sayangnya, tempat-tempat pengisian oksigen yang dia cari mengalami kekosongan oksigen.

"Saya sampai bilang ke semua teman, saudara-saudara barangkali ada informasi di mana saya beli oksigen saya tunggu informasinya. Akhirnya sehari kemudian saya mendapatkan itu dari temen, saya dapat dua tabung dan kakak saya yang awalnya hampir di bawa ke RS karena saturasi oksigen menurun dapat terselamatkan,” ucap dia pada peluncurkan Poskibar dan OMAT di acara TEPAS (Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat) Vol 9 secara daring.

Diakui Lia, saat itu dia sangat khawatir, takut ada terjadi perburukan keadaan. Pasalnya, saat itu tingkat kematian warga isoman cukup tinggi karena telat penanganan ketika alami gangguan pernapasan.

Sementara itu, jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalankan isolasi mandiri (isoman) di Jawa Barat (Jabar) saat ini kurang lebih 40.000 orang per 21/8. Untuk melayani kebutuhan oksigen medis bagi pasien isoman, Pemda Provinsi Jabar meluncurkan OMAT (Oksigen untuk Masyarakat Jabar).

Melalui Omat, masyarakat bisa dengan simpel dan cepat mendapatkan oksigen ketika membutuhkan, meminjamkan atau mendonasikan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Urusan antar – jemput gratis ditanggung Pemda Provinsi Jawa Barat.

Fitur OMAT merupakan fitur tambahan pada Pikobar guna menggalang partisipasi warga untuk meminjamkan tabung oksigen kepada masyarakat Jawa Barat yang tengah melakukan isolasi mandiri (isoman).

Ketua Poskibar Mohammad Taufiq Budi Santoso menuturkan, fitur OMAT ini nantinya akan mempertemukan masyarakat pemilik tabung oksigen untuk meminjamkan tabung oksigen dengan pasien isoman yang membutuhkan.

"Tentunya, hal ini sangat baik di mana wargi Jabar dapat saling bantu di masa yang sulit seperti ini," ucap Taufiq.

Selain peluncuran, salah satu agenda lainnya adalah pemberian sertifikat kepada para donatur pemberi bantuan kepada Pemda Jawa Barat yang berupa tabung oksigen, regulator oksigen dan juga oxygen concentrator oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja selaku Pengarah Poskibar.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemda Provinsi Jabar terhadap para donatur dalam upaya kolaborasi untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen di Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. (Humas Jabar)
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. (Humas Jabar)

"Penanganan Covid-19 khususnya di Jawa Barat harus dilakukan secara kolaboratif. Saya sangat mengapresiasi kolaborasi para donatur dengan Pemda Provinsi Jawa Barat. Semoga kita bersama-sama dapat melawan pandemic Covid-19 ini," kata Setiawan.

Para donatur penerima penghargaan tersebut di antaranya yaitu Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia Jawa Barat, GoTo, PT. Amerta Indah Otsuka, PT. Shell Indonesia, PT. Mitsui Indonesia, PT. Star Energy Group, PT. SCG Siam Cement Group dan perusahaan e-commerce PT. Shopee International Indonesia.

Selain agenda pemberian sertifikat, acara ini diisi dengan penyampaian aspirasi penerima manfaat di antaranya oleh perwakilan dari masyarakat isoman, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumatera Selatan, Pemda Provinsi Jawa Tengah, RSUD Al-Ihsan sebagai perwakilan rumah sakit, dan Pemerintah Kota Bandung. Sebelum peluncuran aplikasi Poskibar dan fitur OMAT, Pemda Provinsi Jabar telah melakukan uji coba serta sosialisasi penggunaan aplikasi kepada rumah sakit, produsen, serta distributor/agen. Hadirnya aplikasi Poskibar dan fitur OMAT diharapkan dapat menjadi terobosan untuk antisipasi di masa yang akan datang. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Bantuan Tabung Oksigen dan Sembako untuk Penanganan COVID-19 di Karawang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Dekati 3,5 Juta
Indonesia
Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Dekati 3,5 Juta

Sementara jumlah tes hari ini juga kembali mengalami penurunan dengan jumlah 113.847 orang

AS Segera Jual Amunisi Rp 2,3 Triliun ke Ukraina
Dunia
AS Segera Jual Amunisi Rp 2,3 Triliun ke Ukraina

Pentagon tidak mengidentifikasi kontraktor utama untuk penjualan senjata itu tapi mengatakan, skema Pembiayaan Militer Asing akan digunakan untuk membayar amunisi-amunisi itu.

BIN Gelar Vaksinasi Serentak di 14 Provinsi
Indonesia
BIN Gelar Vaksinasi Serentak di 14 Provinsi

Kepala BIN, Budi Gunawan menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi menyasar 49 ribu orang yang terdiri dari 15 ribu pelajar SMP dan SMA serta 19 ribu masyarakat.

[HOAKS atau FAKTA]: Daftar Ikut Vaksin Nusantara Bisa Lewat WhatsApp
Indonesia
[HOAKS atau FAKTA]: Daftar Ikut Vaksin Nusantara Bisa Lewat WhatsApp

Beredar di Facebook informasi tentang pendaftaran Vaksin Nusantara dengan cara mengirimkan data diri orang yang akan divaksin dan menggirimkannya ke nomor WA +62 811 372 683.

Enam Ribu Orang Jalani Vaksinasi di Sejumlah Stasiun KRL
Indonesia
Enam Ribu Orang Jalani Vaksinasi di Sejumlah Stasiun KRL

“Hingga hari ini, tercatat hampir 6 ribu orang sudah divaksin,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/8).

Rocky Gerung Sebut People Power sebagai Alat Uji Kedaulatan Rakyat
Indonesia
Rocky Gerung Sebut People Power sebagai Alat Uji Kedaulatan Rakyat

Pengamat politik Rocky Gerung menyebut, people power merupakan alat uji kedaulatan rakyat.

DPD Desak Pemerintah Gerak Cepat Tangani Korban Gempa Sumbar
Indonesia
DPD Desak Pemerintah Gerak Cepat Tangani Korban Gempa Sumbar

Pemerintah diminta untuk segera melakukan langkah-langkah konkret dalam memulihkan kondisi sosial masyarakat korban gempa Bumi di Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat.

Korupsi Kampus IPDN, KPK Tahan Petinggi PT Adhi Karya
Indonesia
Korupsi Kampus IPDN, KPK Tahan Petinggi PT Adhi Karya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Kepala Divisi Konstruksi VI PT Adhi Karya Persero Dono Purwoko, Rabu (10/11).

Dua Wilayah DKI Ini Diperkirakan Hujan Disertai Petir Pada Sore Hari
Indonesia
Dua Wilayah DKI Ini Diperkirakan Hujan Disertai Petir Pada Sore Hari

Pada saat bersamaan, di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, diprakiarakan mengalami cuaca berawan

Wamenkumham Jelaskan Alasan belum Serahkan Draf RKUHP ke DPR
Indonesia
Wamenkumham Jelaskan Alasan belum Serahkan Draf RKUHP ke DPR

Draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) belum diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).