Ramadan 2021
Pengalaman Pelajar Indonesia di Turki Berpuasa di Saat Pandemi Pelajar Indonesia melihat masjid di Turki. (Foto: Dok. Turknesia)

MINAT pelajar dari Indonesia untuk menimba ilmu di negeri EuroAsia, Turki, tak surut meski dihadang pandemi. Tentu saja semua kegiatan dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan yang berlaku di negara tersebut. Prosedur belajar yang berubah drastis menjadi serba daring, tidak menghalangi semangat mereka untuk belajar dan mendalami budaya Turki melalui orang-orang sekitar.

Egis Putra Habsyi bersama Mayra Najmifajri Safira, Shafanida Mardhani, dan Fakhri Ziyad Mubarok berangkat ke Turki bertepatan dengan aturan lockdown yang diberlakukan secara ketat. Akibatnya kegiatan sosial di antara para pelajar Indonesia di Turki beserta interaksi dengan warga setempat pun sangat dibatasi.

Baca juga:

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Sekolah di Luar Negeri

turknesia
Momen pelajar Indonesia berbuka puasa bersama. (Foto: Dok. Turknesia)

Interaksi yang dibatasi protokol kesehatan dengan sesama pelajar baik dari Indonesia, Turki, mau pun negara lain membuat mereka memanfaatkan teknologi video call atau zoom dengan sebaik mungkin. Namun kegiatan sehari-hari tetap berjalan kondusif dan menyenangkan meskipun masih di dalam kondisi social distancing.

"Turki sudah menjadi impian saya sejak lama, dan kini saya telah berada di negeri impian untuk melanjutkan kuliah di jurusan favorit saya," ujar Egis Putra Habsyi mahasiswa International Trade and Logistics di Kahramanmaras University.

Banyak pengalaman berharga yang didapatkan oleh Egis beserta rekannya yang lain saat pertama menjalankan puasa jauh dari keluarga. Mereka berbagi kisah melalui Instagram Live "Turknesian Talks" yang diselenggarakan di akun @turknesia.

"Selama puasa di sini sekarang tarawih hanya bisa di rumah saja, karena di Turki sendiri Masjid enggak dibuka untuk tarawih tapi untuk Shalat Jumat masih bisa," ujar Egis saat membuka cerita pengalaman pertamanya puasa di Turki melalui Instagram Live.

Egis juga bercerita untuk makanan takjil dan iftar seringkali orang-orang sekitar memberikan secara cuma-cuma sebagai bentuk ramah tamah. Tak jarang, orang Indonesia yang menikah dengan orang Turki dan menetap di sana pun sering memberikan makanan untuk berbuka karena rasa persaudaraan yang begitu erat.

Baca Juga:

Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi Enggak Melulu Negatif

turknesia
Menu berbuka puasa yang harus disiapkan sendiri. (Foto: Dok. Turknesia)

"Untuk masak kita biasa mengikuti menu sehari-hari yang ada di instagram dan di artikel-artikel itu memang sangat berguna lho. Kita belajar bikin rendang, ayam bakar, lihat dari sana resepnya. Ketika dipraktikan, awalnya ragu dengan rasanya, tetapi seiring berjalannya waktu rasanya semakin enak karena sudah terbiasa masak," lanjutnya.

Turki termasuk ke dalam daftar negara dengan waktu berpuasa lebih lama. Dengan suhu udara yang mulai semakin panas, para pelajar Indonesia harus berpuasa selama 17 jam. Mereka mulai sahur pukul 03.30 pagi dan berbuka puasa pada pukul 20.30 malam.

"Kondisi lockdown ini jadi kalau mau berbuka puasa bersama teman ya susah. Pada jauh juga rumah teman-teman, kendaraan jarang, jadi ya sepi," ungkap Shafa, yang jadi mahasiswi Social Science Education di Erciyes University.

Di puasa minggu pertama Shafa bersama teman-teman satu rumahnya harus menjalani isolasi mandiri karena salah satu temannya ternyata terpapar COVIDid-19 setelah melalui swab di rumah sakit dibantu oleh tim Turknesia. "Kita jadi lebih aktif ngobrol di grup WA rumah saja karena mau keluar kamar pun takut dan harus tetap menggunakan masker meskipun di rumah saja. Kita saling jaga diri sih," lanjutnya.

Baca Juga:

Gaya ke Kampus Enggak Ribet, Begini Cara Simpelnya

turknesia
Pelajar-pelajar Indonesia yang tengah menyelesaikan studinya di turki. (Foto: Dok. Turknesia)

"Di kota Ankara alhamdulillah ada organisasi pelajar internasional jadi volunteer-volunteer di sana pun memberikan kita iftar buka puasa. Isinya biasanya ada nasinya sebagai makanan pokok, ada dagingnya juga seperti daging sapi, daging ayam, dan juga ada corba. Corba itu semacam sup khas Turki," jelas Mayra yang kuliah di International Relations di Ankara Yildirim University.

Ia juga bercerita bahwa dirinya tergabung di organisasi PPI Ankara sebagai desainer grafis sehingga banyak kegiatan untuk mengisi waktu selama bulan puasa. Perbedaan signifikan yang ia rasakan sendiri selama menjalankan puasa pertama di negeri yang jauh dari keluarga adalah suasana bulan Ramadhan.

"Kalau di Indonesia mungkin teman-teman sekalian bisa sambil ngabuburit, terus beli takjil disuruh sama ayah ibunya ke depan rumah. Kalau di sini enggak ada jadi mau enggak mau ya bikin sendiri," lanjutnya.

Turknesia Edu Foundation merupakan lembaga non-profit yang berdiri sejak tahun 2017 dan bergerak di bidang persiapan bagi pelajar Indonesia yang akan melanjutkan studi di Turki pada jenjang S1 dan S2. Turknesia memberikan jaminan keamanan dan kesehatan pelajar Indonesia di Turki dengan program yang terencana dan tata kelola terbaik.

Turknesia memberikan support penuh kepada para pelajar Indonesia agar senantiasa merasa nyaman meskipun sedang berada jauh dari keluarga. Turknesia juga merupakan satu-satunya lembaga di Indonesia yang memberikan pendampingan kesehatan selama 24 jam dengan melalui pengawasan dokter agar kesehatan para pelajar Indonesia senantiasa terpantau. (mar)

Baca juga:

'Learn! Korean with BTS' Kini Sampai ke Mesir dan AS

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Anak Tongkrongan Pasti Susah Menahan Ini Pas Puasa
Fun
Anak Tongkrongan Pasti Susah Menahan Ini Pas Puasa

Udah kebiasaan jadi sulit untuk tidak dilakukan.

Mengintip Keunikan Kisah di Film 'Begadang Rendang'
Fun
Mengintip Keunikan Kisah di Film 'Begadang Rendang'

'Begadang Rendang' mengambil latar tempat di Sumatera Barat.

30 Tamu yang Boleh Melayat Pangeran Philip
ShowBiz
30 Tamu yang Boleh Melayat Pangeran Philip

Upacara Pemakaman Pangeran Philip digelar seminimalis mungkin.

5 Fitur WhatsApp Jarang yang Tahu, Begini Cara Memakainya
Fun
5 Fitur WhatsApp Jarang yang Tahu, Begini Cara Memakainya

WhatsApp memiliki fitur pendukung yang sayangnya jarang diketahui oleh para pengunanya.

Flavanol, Kandungan dalam Kakao yang Kabarnya Meningkatkan Daya Ingat
Fun
Flavanol, Kandungan dalam Kakao yang Kabarnya Meningkatkan Daya Ingat

senyawa ini kabarnya bisa mempertajam memori

Dituding Memanfaatkan Popularitas BTS, Jason Derulo Langsung Dimarahi ARMY
ShowBiz
Dituding Memanfaatkan Popularitas BTS, Jason Derulo Langsung Dimarahi ARMY

Jason Derulo dianggap tidak memberikan kredit pada BTS.

Tips Survive Mengemudi saat Kantuk Menyerang
Fun
Tips Survive Mengemudi saat Kantuk Menyerang

Begini caranya menghilangkan kantuk saat nyetir.

Phil Spencer; Tango Gameworks Pilihan Terbaik untuk Pasar Game Jepang
Fun
Ganti Istilah 'Perubahan Iklim' Menjadi 'Krisis Iklim'
Fun
Ganti Istilah 'Perubahan Iklim' Menjadi 'Krisis Iklim'

Ada alasan di balik perubahan istilah 'perubahan iklim'.

Komunitas Tarot Jakarta, Tarot Bukan Klenik
Fun
Komunitas Tarot Jakarta, Tarot Bukan Klenik

tarot adalah seni membaca kartu tarot tidak ada hubungannya dengan klenik atau mistik.