K-Pop

Pengalaman 'Menyeramkan' Idola K-Pop saat Jalani Wajib Militer

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 03 Desember 2020
Pengalaman 'Menyeramkan' Idola K-Pop saat Jalani Wajib Militer
Idola K-Pop terkenal ini pernah mengalami peristiwa buruk saat menjalani wajib militer. (Foto: Soompi)

BELAKANGAN wajib militer (wamil) di Korea Selatan kembali jadi perbincangan hangat. Terutama setelah Parlemen di negara tersebut mengesahkan RUU baru yang dijuluki sebagai Amandemen Dinas Militer BTS.

Dalam peraturan baru, idola K-pop yang berhasil membuat pencapaian signifikan bagi negara boleh menunda pendaftaran wamil dua tahun lebih lama dibandingkan orang biasa. Seperti super group BTS termasuk di dalamnya.

Baca juga:

Berkat RUU Baru, BTS Dapat Tunda Wajib Militer

Beberapa warganet menyebutkan artis sekelas BTS pun harus tetap menjalankan kewajibannya sebagai warga Korea Selatan. Namun sebagian merasa penundaan ini merupakan langkah yang tepat.

Terdapat alasan mengapa beberapa orang berpikir wajib militer akan menyulitkan idola populer seperti BTS. Selain karena mereka sedang dalam usia prima untuk tampil di panggung, kepopuleran BTS justru jadi pedang bermata dua.

Sejumlah orang mengatakan jika BTS menjalankan wamil di puncak keterkenalannya, mereka akan mengalami hal yang sama dengan G-Dragon.

Pengalaman 'Menyeramkan' Idola K-Pop saat Wajib Militer
Selama menjalankan dinas militernya, G-Dragon harus menghadapi berbagai perlakuan buruk. (Foto: EPA)

Melansir laman AllKpop, bintang top G-Dragon ternyata pernah mengalami berbagai pengalaman tidak menyenangkan selama dinas militernya. Statusnya sebagai idola justru membuat rapper itu harus menghadapi banyak situasi buruk.

Seperti dikerumuni ketika mandi atau saat sedang makan sampai membuat letnan terpaksa memerintahkan orang untuk tidak mengganggu G-Dragon. Dia juga seringkali difoto atau direkam tanpa izin. Terkadang beberapa barangnya, seperti pakaian dalam dicuri.

Kemungkinan besar barang-barang pribadi maupun foto tersebut dijual kepada fan sasaeng, istilah bagi penggemar fanatik yang melanggar privasi idolanya atas nama cinta.

Seramnya lagi, ada yang mengunggah buku harian observasi tentang sang bintang. Seperti lokasi tahi lalat, obat yang mereka minum, dan informasi privat lainnya. Data tersebut disebarkan secara online dan tanpa persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

Baca juga:

Suho EXO Jalani Masa Wajib Militer, Banjir Galau di Sosial Media

Pengalaman 'Menyeramkan' Idola K-Pop saat Wajib Militer
Data pribadi G-Dragon malah disebarluaskan tanpa seizinnya. (Foto: Soompi)

Belum lagi adanya keterlibatan dari orang dalam. Kabarnya, ada kasus ketika warga sipil membayar tentara untuk bisa berkunjung dan melihat G-Dragon.

Ada pula dokter militer yang mengungkapkan catatan medis leader Big Bang tersebut secara ilegal. Padahal seorang dokter seharusnya tidak boleh memberitahukan catatan medis pasiennya kepada siapapun, karena hal ini jelas melanggar hukum.

Belum lagi media yang terus-menerus berusaha menggali informasi pribadi G-Dragon saat sedang menjalankan wajib militernya. Mereka mencoba mengulik-ngulik dan mencari tahu apakah artis asuhan YG Entertainment itu mendapat perlakuan khusus atau tidak.

Mendengar hal tersebut banyak warganet yang menunjukkan keprihatinannya. Mereka khawatir bahwa pelecehan semacam itu dapat dengan mudah terjadi lagi pada idola lain.

"Apakah mereka gila? Betapa kasarnya mereka," kata salah satu warganet. "Kasus GD benar-benar kasus terburuk yang mungkin terjadi," ucap warganet lain. "OMG ya kasus GD benar-benar mengerikan. Bagaimana orang bisa bertindak seperti mereka sedang menonton pertunjukan topeng monyet," tulis salah seorang netizen. (sam)

Baca juga:

Idola Kpop yang akan Selesai Wajib Militer

#K-Pop #KPop #Kpop Idol #Musik #Artis Korea #Wajib Militer #BTS #G-Dragon
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan