Hari Keluarga Nasional

Pengalaman Berharga Menjadi Anak Rantau

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 29 Mei 2019
Pengalaman Berharga Menjadi Anak Rantau
Jadi anak rantauan enggak mudah (Foto: Pexels/rawpixel.com)

MERANTAU bukan suatu keharusan. Tapi menjadi pilihan. Ya, terkadang kamu enggak bisa hanya terpaku hidup di tempat asalmu. Kamu harus berkembang dan mengadu nasib di tempat lain. Kamu harus merantau!

Merantau enggaklah mudah. Kamu akan selalu merindukan kampung halaman. Bagaimana wajah-wajah anggota keluarga di rumah. Seperti apa udara segarnya dan hembusan angin sepoi di kampung halaman.

Namun, sebagai anak rantauan. Biasanya kamu juga akan mendapatkan pengalaman berharga ini.

1. Bebas namun tanggung jawab besar

Kamu memiliki tanggung jawab besar (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Karena jauh dari orangtua hidup kamu bebas. Kamu bisa memilih melakukan banyak hal yang bikin kamu senang. Eits, tapi tunggu dulu. Bebas bukan berarti kamu lepas dari tanggung jawab. Justru tanggung jawab kamu besar.

Kamu harus belajar memilih apa yang terbaik untuk kamu. Sekarang enggak ada orangtua yang bisa menuntun kamu melakukan hal benar. Jadi, jangan terlalu terlena ya. Sebab kamu memiliki tanggung besar untuk diri kamu sendiri.

2. Jadi pintar mengatur keuangan

Kamu akan bijak dalam mengeluarkan uang (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

Ada hikmahnya jadi anak rantauan. Kamu bisa lebih mudah mengatur keuangan. Jatah uang dari orangtua atau gaji pribadi akan kamu sayang-sayang. Karena kalau sudah habis kamu enggak bisa deh minta ke orangtua seperti dulu.

Hasilnya kamu akan lebih bijak dalam memberi barang. Yang perlu kamu beli, yang enggak perlu (padahal suka) akan kamu hindari.

Baca juga:

Cerita Ashanty Prosesnya Menjadi Pengusaha Sukses, Dari Bongkar Tabungan Hingga Sekolah S-2

3. Bertemu teman senasib membuatmu bahagia

Apalai kalau kamu bertemu teman yang satu kampung halaman denganmu (Foto: Pexels/Helena Lopes)

Kamu enggak sendirian jadi anak rantauan. Ada banyak orang dari berbagai daerah yang merantau ke ibukota untuk mencari peruntungan. Sehingga saat ketemu teman yang senasib, kamu akan merasa bahagia.

Terlebih jika kamu bertemu dengan teman yang berasal satu daerah denganmu. Tentu kamu akan banyak bertukar pikiran dengan mereka. Bisa-bisa dia akan menjadi sahabat kamu.

4. Kamu menjadi mandiri

Segala rintangan kamu hadapi sendirian (Foto: Pexels/Pixabay)

Setelah merantau dalam waktu lama. Hasilnya kamu akan menjadi mandiri. Ya, kamu sudah mengemban tanggung jawab besar. Segala hal yang terjadi padamu, kamu lakukan sendiri. Mulai dari menyiapkan makanan, hingga mengatur keuangan tadi. Sehingga kamu pun sudah terlatih untuk menghadapi segala rintangan hidup sendirian.

Sahabat Merah Putih, apakah kamu juga termasuk anak rantauan? (ikh)

#Hari Keluarga Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan